PENGGUNAAN LEARNING CYCLE TIPE 7E BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eka Nurhidayati
Achmad Binadja
Kasmadi Imam Supardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model Learning Cycle Tipe 7E Bervisi SETS terkait kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap peningkatan penguasaan konsep kimia siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian rata-rata nilai posttes kelas eksperimen sebesar 80, kelas kontrol sebesar 77. Hasil uji perbedaan rata-rata satu pihak data posttes diperoleh thitung (2,88) ? tkritis (1,99), menunjukkan penguasaan konsep kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil uji ketuntasan diperoleh kelas eksperimen mencapai ketuntasan lebih dari 85%, yaitu 67 siswa tuntas dari 71 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Learning Cycle Tipe 7E Bervisi SETS dapat meningkatkan penguasaan konsep kimia siswa kelas XI IPA SMA N 9 Semarang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Khawaldeh, S. 2007. The effectiveness of the modified learning cycle and concept mapping strategies on the first secondary scientific stream students’ achievement in biology and in their acquisition of science process skills. Um Al-Qora Education Journal. 19(1), 329-392.

Binadja, A. 1999. Hakekat dan Tujuan Pendidikan SETS. Makalah disajikan dalam seminar lokakarya Pendidikan SETS untuk bidang Sains dan Non sains. Kerjasama antara SEAMORECSAM dan UNNES Semarang. 14 -15 Desember 1999.

--------------------. 2006. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia SMA Melalui Penerapan KBK Bervisi dab Berpendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society). Semarang: Laboratorium SETS UNNES Semarang.

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Fajaroh, F dan Dasna, W. 2003. Penggunaan Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang Malang. Skripsi, Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Irianti, M, et al. 2007. Pembelajaran Sains Fisika melalui Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Air Molek. Jurnal Geliga Sains. 1(2), 1-7.

Kulsum, U, et al. 2011. Penerapan Model Learning Cycle pada Sub Pokok Bahasan Kalor untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7(1), 128-133.

Madu, et al. 2012. Effect of Five-Step Learning cycle Model on Students’ Understanding of Concepts Related To Elasticit. Journal of Education and Practice. 3(9), 173-181.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursiti, S, et al. 2009. Pengaruh Penggunaan Ular Tangga Redoks sebagai Media Chemo-Edutainment Bervisi Sets terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3(2), 458-462.

Nuhoglu, et al. 2006. The Effectiveness of The Learning Cycle Model to Increase Students’ Achievement In The Physics Laboratory. Journal of Turkish Science Education. 3(2), 49-65.

Qarareh, A. 2012. The effectiveness of the modified learning cycle and concept mapping strategies on the first secondary scientific stream students’ achievement in biology and in their acquisition of science process skills. International Journal Education Science. 4(2), 123-132.

Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yelimez, et al. 2008. Opinions of Mathematics Teacher Candidates Towards Applying 7E Instructional Model on Computer Aided Instruction Environments. Internasianal Journal of Instruction. 1(1): 50-60.