PENGGUNAAN JEJARING FACEBOOK BERVISI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGI, SOCIETY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gadis Kusuma Permatasari
Siiti Sundari Miswadi

Abstract

Agar peserta didik SMA N 2 Pekalongan antusias berinteraksi memahami materi dan dapat mengaitkan konsep kelarutan dan hasilkali kelarutan dengan permasalahan dalam kehidupan, sehingga dalam pembelajaran dapat digunakan jejaring facebook bervisi SETS yang didukung fasilitas wifi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah dan pengaruh penggunaan jejaring facebook bervisi SETS terhadap pemahaman konsep. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA dengan teknik random sampling diperoleh kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen, sedangkan sebagai pembanding pemahaman konsep digunakan kelas kontrol data nilai ulangan tahun 2012/2012. Pengamatan online dilakukan untuk mengukur sikap ilmiah peserta didik menghasilkan peningkatan kriteria N-Gain dari rendah menjadi sedang, sedangkan pengamatan langsung saat diskusi dan praktikum diperoleh peningkatan dari baik menjadi sangat baik. Tes tertulis dilakukan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik yang ditinjau dari hasil rerata nilai tes kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 70,46, sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 46,24%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan sikap ilmiah dan ada pengaruh sebesar 46,24% dari penggunaan jejaring facebook bervisi SETS terkait kompetensi kelarutan dan hasilkali kelarutan terhadap pemahaman konsep kimia peserta didik kelas XI SMA N 2 Pekalongan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Gadis Kusuma Permatasari, Universitas Negeri Semarang

menikmati..

References

Afriawan, Muhamad. 2012. “Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI Bervisi SETS Pada Pencapaian Kompetensi Terkait Reaksi Redoks. Skripsi. Semarang: FMIPA Unnes.

Alba. Jason, Stay. Jesse. 2008. I’m on Facebook, Now What???; How to Get Personal, Business, and Professional Value from Facebook. California, Happy Aboat Press.

Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 1998. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Binadja, A. 1999. Cakupan Pendidikan SETS untuk Bidang Sains dan Non Sains. Makalah disajikan dalam seminar lokakarya Pendidikan SETS untuk bidang Sains dan Non Sains. Kerjasama antara SEMEORECSAM dan UNNES Semarang 14 -15 Desember 1999.

Buckley, Clive N., Williams, Angela. 2010. Web 2.0 Technologies for Problem-Based and Collaborative Learning. Dalam Kidd, Terry T. (Eds). Adult Learning in the Digital Age (hlm.118). Newyork: Information Science Reference.

Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Hayadin. 2010. Kajian terhadap Eksistensi Situs Facebook untuk Kepentingan Pelajar Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional. Vol.16 Edisi Khusus III, Oktober 2010.

Julianita, W. 2012. Be a Smart & Good Facebookers. Jakarta: Gramedia.


Kelsey, Todd. 2010. Social Networking Space; From Facebook to Twitter and Everthing In Between. USA, Springer.

Lynn, V.C., & Nixon, J.E. 1985. Physical education: teacher education. New York: John Wiley and Sons, Inc.