KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LIFE SKILL SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novita Nurmasari
Supartono Supartono
Sri Mantini Rahayu Sedyawati

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA N 9 Semarang kelas X tahun ajaran 2012/2013, diperoleh data ketuntasan klasikal siswa pada mata pelajaran kimia kurang dari 85% dan kemampuan life skill siswa rendah yaitu sebesar 61%, sehingga diperlukan metode yang tepat untuk membantu siswa agar lebih tertarik dalam mempelajari kimia dan dapat meningkatkan kemampuan life skill siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan pembelajaran minyak bumi berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) pada pemahaman konsep dan kemampuan life skill siswa SMA kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 9 Semarang. Desain yang digunakan adalah post test only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Hasil ketuntasan belajar menunjukkan bahwa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%, sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 78,95%. Rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu masing-masing sebesar 80,11 dan 74,32. Kemampuan life skill siswa meningkat dari 61% menjadi 84%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) efektif pada pemahaman konsep dan kemampuan life skill siswa SMA kelas X.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Asmorowati, D. S. 2009. Pembelajaran Kimia Hidrokarbon Menggunakan Kolaborasi Konstruktif dan Inkuiri Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Berwirausaha Siswa. Skripsi FMIPA UNNES.

BBC Indonesia. 2012. Sistem Pendidikan Indonesia Terendah Di Dunia. Tersedia di http://Sistem Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia - KOMPAS.com.html [diakses 1-3-2013].
Chen, Kaili. 2006. Social skills Intervention for Students with Emotional/Behavioral Disorders: A Literature Review From the American Perspective. Education Research and Reviews. 1(3): 143-149.

Mardapi, D. 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursiti, S., T. Wahyukaeni, & Sudarmin. 2008. Pembelajaran Dengan pendekatan Chemo-entrepreneurship Dan Penggunaan Game Simulation sebagai Media Chemo-edutainment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Kreativitas, Dan Life skill. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2): 278-280.

Rahmawati, A. & B. Yonata. 2012. Keterampilan Sosial Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) SMA Negeri 9 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1): 47-55.

Shakirova, D.M. 2007. Technology for the shaping of college students’ and upper-grade students’ critical thinking. Russian Education & Society. 49(9): 42-52.

Slamet, P.H. 2002. Pendidikan kecakapan hidup: konsep dasar. Tersedia di www.depdiknas.go.id/Jurnal/37/editorial 37.htm [diakses tanggal 10-1-2013]

Snyder, L.G & M. J. Snyder. 2008. Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal. L(2): 90-99.

Supartono. 2006. Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP), Proposal Research Grant – Program Hibah A2, Semarang : Jurusan Kimia FMIPA UNNES.

Yulianto, F., H.F. Nashori. 2006. Kepercayaan Diri Dan Prestasi Atlet Tae Kwon Do Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1): 55-62.

Yulianingrum & Y.S. Rahayu. 2013. Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Tema Suara Kelas VII SMP AL-AMAL Surabaya. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. 1(1): 1-7.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>