PENERAPAN MIND MAPPING DAN CATATAN TULIS SUSUN PADA KREATIVITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan kreativitas dan ketuntasan belajar kimia model Quantum Learning menggunakan Mind Mapping dan Catatan: TS (Tulis Susun). Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua sampel yaitu kelas eksperimen 1 yang diterapkan Mind Mapping dan kelas eksperimen 2 yang diterapkan Catatan: TS (Tulis Susun). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji yang digunakan dalam membandingkan hasil belajar dan ketuntasan individu kedua kelas adalah uji t. Uji t menunjukkan hasil thitung (3,16) lebih dari ttabel (1,99) artinya hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2. Hasil uji ketuntasan individu kelas eksperimen 1 adalah thitung (8,59) lebih dari ttabel (1,693) sedangkan pada kelas eksperimen 2 adalah thitung (3,08) lebih dari ttabel (1,695) pula. Artinya kelas eksperimen 1 dan 2 telah mencapai ketuntasan belajar individu. Ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen 1 mencapai 91,17% sedangkan kelas eksperimen 2 mencapai 81,25 %. Analisis observasi kreativitas klasikal menunjukkan hasil 63,06 dan 57,50. Rata-rata penilaian hasil karya kreativitas siswa kedua kelas masing-masing 85,44 dan 82,81. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kelas Mind Mapping lebih unggul kreativitas dan ketuntasan belajarnya dibandingkan kelas Catatan:TS.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Beetlestone, F. 2011. Creative learning, strategi pembelajaran untuk melesatkan kreativitas siswa. Bandung: Nusamedia
DePorter, B. & Mike, H. 2008. Quantum learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa
Kamal, P. 2013. Activity base learning or joyful learning in commerce education. Asia Pasific Journal of Marketing & Management Review. 2(3): 79-81
Kharista, R. Y., Widodo, A. T., & Subroto T. 2012. Pengaruh model problem based instruction berbantuan funny worksheet terhadap hasil belajar dan kreativitas. Chemistry in Education.2(1): 62-68
Khikmayanti, A., Supardi, K. I., & Saptorini. 2012. Pengaruh pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acak terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Chemistry in Education. 2(1): 61-66
Kisti, H. & Nur, A. 2012. Hubungan antara self efficacy dengan kreativitas pada siswa SMK. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. 1(2): 52-58
Kusmintayu, N., Suwandi, S., & Anindyarini, A. 2012. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1(2): 97-108
Mayer, R. E. 2002. Rote versus meaningful learning, theory into practice. Electronic Journal of The Ohio State University. 41(4): 226-232
Ottavia, Chuluunbaatar, E., Kung, S., & Luh, D. 2012. Understanding the relationship between disciplinary cultures, leadership styles, and ‘creativity climates’ in the university setting. Journal of Artistic and Creative Education. 6(1): 8-30
Pujiati, L. 2008. Peningkatan motivasi dan ketuntasan belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(1):1-20
Putranto, T. A. 2012. Pencapaian ketuntasan hasil belajar larutan penyangga dan hidrolisis dengan model pembelajaran snowballing melalui pendekatan contextual teaching and learning pada siswa SMA Negeri Banyumas. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang
Retnowati, D. 2011. Pengaruh metode pembelajaran kuantum dengan pendekatan kimia hijau terhadap hasil belajar kimia materi redoks. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suherman, A., Oediyani, S., Handayani, I., Uzliawati, L., Indriana, I., & Nasution, D. 2011. Active learning to improve fifth grade mathematics achievement in Banten. Excelence in Higher Education. 2(2): 103-108
Sulistyowati, H. 2012. Pengaruh model pembelajaran quantum learning berbasis berpikir logis kreatif terhadap hasil belajar kimia materi hidrolisis siswa kelas XI SMA N 12 Semarang. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang
Sutarni, M. 2011. Penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan kemampuan mengerjakan soal cerita bilangan pecahan. Jurnal Pendidikan Penabur. 1(16): 26-33