Penggunaan Rasch Model untuk Analisis Instrumen Tes Literasi Sains pada Materi Hidrolisis Garam
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa instrumen tes yang digunakan untuk mengukur keterampilan literasi sains pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Pati. Peserta terdiri dari dua kelas yaitu XI IPA 4 dan XI IPA 7. Soal yang diberikan berupa soal pilihan ganda berjumlah 19 butir untuk mengukur domain konten keterampilan literasi sains siswa dalam materi hidrolisis garam. Model rasch digunakan untuk mendapatkan butir soal yang fit serta mengetahui sifat-sifat item soal dan responden dalam instrumen. Analisa ini dilakukan dengan bantuan software Winsteps. Dari output program Winsteps diperoleh reliabilitas item dan person sebesar 0,78 dan 0,41 dengan nilai cronbach alpha sebesar 0,40 yang menunjukkan konsistensi jawaban siswa cenderung rendah. Konsistensi ini diperkuat dengan rata-rata person measure lebih rendah dari item yang artinya item soal terlalu sulit dikerjakan. Terdapat dua item misfit dan empat person misfit pada instrumen. Hasil analisis measure dihasilkan dua kelompok kesukaran butir yaitu mudah dan sulit serta empat kelompok abilitas siswa yaitu tinggi, rendah, sangat rendah dan outliers rendah.