Desain Media Pembelajaran CHEMLOVERS Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Termokimia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adelia Ayu Larasati
Sri Susilogati Sumarti

Abstract

Pemilihan media pembelajaran berperan penting dalam memahami suatu konsep untuk mendukung keberhasilan belajar peserta didik. Salah satunya media pembelajaran berbasis aplikasi android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, serta mengetahui respons peserta didik terhadap media pembelajaran CHEMLOVERS. Jenis penelitian ini merupakan research and development. Model penelitian mengacu pada model ADDIE yaitu tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Hasil pada tahap analysis menunjukan media yang digunakan masih konvensional, kurang menarik. Selanjutnya pada tahap design, berdasar silabus, RPP terkait yang sesuai dengan materi, interaktivitas peserta didik, disusunlah storyboard. Tahap development, pada tahap ini media dibuat dan divalidasi oleh ahli. Tahap implementation, media yang telah kembangkan dan divalidasi dilakukan uji coba, yaitu uji coba skala kecil dan besar. Pada akhirnya tahap evaluation, setelah dilakukan uji coba didapatkan efektivitas media dan respons pengguna. Uji efektivitas media dilakukan dengan uji ketuntasan klasikal. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Semarang, dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 3 yang terdiri dari 36 peserta didik. Hasil uji efektivitas diperoleh nilai sebesar 80.5%. Hasil analisis respons peserta didik mendapatkan perolehan skor keseluruhan mencapai 79.2%. Jadi dapat disimpulkan bahwa peserta didik mengatakan sangat setuju jika media CHEMLOVERS digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##