PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN PLAYING CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan media playing card terhadap hasil belajar siswa materi indikator asam basa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pretest–posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster ramdom sampling, dan didapatkan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa N-Gain kelas kontrol termasuk dalam kriteria rendah dan N-Gain untuk kelas eksperimen sebanyak 50% kriteria sedang dan 50% kriteria rendah dengan KKM 75. Hasil uji signifikansi diperoleh harga thitung sebesar 2,52 lebih besar dari ttabel 1,995 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 68. Hasil analisis data menunjukkan besarnya koefisien determinasi 10,24%. Rerata hasil belajar afektik kelas eksperimen (22,64) lebih besar daripada kelas kontrol (21,36). Rerata hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen (32,58) lebih besar daripada kelas kontrol (30,21). Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry berbantuan media playing card berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Aulia, F., 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Educational Journal, 3(2). 125-32.
Azizah, A. & Parmin, 2013. Inquiry Training untuk Mengembangkan Kemampuan meneliti Mahasiswa. Unnes Science Education Journal, 1(1). 1-11.
Bilgin, I., 2009. The Effect of Guided Inquiry Instruction Incorporating a Cooperative Leaarning Approach on University Student’s Achievement of Acid and Base Concept and Attitude toward Guided Inquiry Instruction. Scientific Research and Essay, 4(10). 1038-46.
Camenzuly, J. & Buhagiar, M.A., 2014. Using Inquiry-Based Learning to Support the Mathematical Learning of Students with SEBD. The International Journal Emotional of Education, 6(2). 69-85.
Cheung, K.S. & Song, Y., 2014. The Impact of Principle-based Pedagogical Design on Inquiry-based Learning in a Seamless Learning Environment in Hong Kong. Educational Technology & Society, 17(2). 127-41.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
L.D., N., Nyoman, D. & I Wayang, S., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3). 55-61.
Luxman, K., 2013. Infusing Inquiry-Based Learning Skill in Curriculum Implementation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). 41-55.
Malihah, M., 2011. Pengaruh Model Guided-Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. Skripsi. [Online] Available at: https://www.google.co.id/url?repository.uinjkt.ac.id [Accessed 07 October 2014].
Narni, L.D., D., N. & S., I.W., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3). 55-61.
Narni, L.D., Nyoman, D. & I, W., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3). 55-61.
Oguzunver, A. & Arabacioglu, S., 2011. Overviews on Inquiry Based and Problem Based Learning Methods. Western Anatolia Journal of Educational Science, 1(1). 303-09.
Rahmawati, U., Ersanghono, K. & Edy, C., 2012. Pembelajaran Buffer Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan. Chemistry in educational Journal, 2(1). 136-41.
Rukmana, H..., 2013. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Teknik Roundhouse Meningkatkan Motivasi dan Hasil Biologi Siswa Kelas XI-IPA III SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1). 26-33.
Suwondo & Wulandari, S., 2013. Inquiry-Based Active Learning: The Enhancement of Attitude and Understanding of the Concept of Experimental Design in Biostatics Course. Asian Social Science, 9(12). 212-19.
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.
Wena, M., 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Widianti & Saptorini, 2014. Penerapan Tugas Berbasis Modified Free Inquiry pada Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Chemistry in Education Journal, 3(2). 102-08.
Yulianingsih, U. & Hadisaputro, S., 2013. Keefektifan Pendekatan Student Centered Learning dengan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Chemistry in Educational Journal, 2(2). 149-55.