PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK HASIL BELAJAR SISWA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media Flash berbasis guided discovery yang layak, efektif dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development yang terdiri dari tiga tahap yakni Define, Design, and Develop. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media Flash berbasis guided discovery layak digunakan dalam pembelajaran. Media Flash berbasis guided discovery dinyatakan efektif karena 75% siswa dari subjek penelitian mencapai nilai KKM pada hasil tes dan aspek afektif dan psikomotorik mendapat predikat baik. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa media Flash berbasis guided discovery dinyatakan mendapat respon baik dari siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media Flash berbasis guided discovery untuk hasil belajar siswa dinyatakan layak, efektif, dan mendapat respon positif dari siswa dan guru sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Abel, S. & Smith, D., 1994. What is science?: preservice elementary teachers’ conceptions of the nature of science. International Journal of Science Education, XVI(4): 475-87.
Balım, A.G., 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 1(35): 1-20.
Borthick, A.F. & Jones, D.R., 2000. The Motivation for Collaborative Discovery Learning Online and its Application in an Information Systems Assurance Course. Issues in Accounting Education, 15(2): 181-210.
Henningsen, M. & Stein, M.K., 1997. Mathematical Task and Student Cognition: Classroom- Based Factors that Support and Inhibit High-Level Mathematical Thinking and Reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, 28(5): 524-49.
Mulyatun, 2012. Laboratorium Kimia Virtual: Alternatif Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Kimia IAIN Walisongo Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2): 935-46.
Nurseto, T., 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1): 19-35.
Rahayu, I. & Limantara, L.M., 2013. Upgrading The Availability Of Building Sentence On Indonesian Language Learning By Using Series Pictures Media. Academic Research International, 4(2): 530-35.
Ruseffendi, E.T., 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA (edisi revisi). Bandung: Tarsito.
Sari, A.D.C. & Supardi, K.I., 2013. Pengaruh Model Team Games Tournament Media Tournament-Question Cards terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1): 1042-50.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, N., Widodo, A.T. & Sumarni, W., 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education, 2(1): 49-55.
Thiagarajan, 1974. Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Udaibah, W., 2013. Bahan Ajar Multi-Intelegensia Berbasis Animasi sebagai Media untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris Kimia IAIN Walisongo Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1): 1031-41.
Udo, M.E., 2010. Effect of Guided-Discovery, Student- Centred Demonstration and the Expository Instructional Strategies on Students’ Performance in Chemistry. An International Multi-Disciplinary Journal Ethiopia, 4(4): 389-98.
Yusnawan, I.P.A., 2013. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Gradien Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1): 76-86.
Balım, A.G., 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 1(35): 1-20.
Borthick, A.F. & Jones, D.R., 2000. The Motivation for Collaborative Discovery Learning Online and its Application in an Information Systems Assurance Course. Issues in Accounting Education, 15(2): 181-210.
Henningsen, M. & Stein, M.K., 1997. Mathematical Task and Student Cognition: Classroom- Based Factors that Support and Inhibit High-Level Mathematical Thinking and Reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, 28(5): 524-49.
Mulyatun, 2012. Laboratorium Kimia Virtual: Alternatif Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Kimia IAIN Walisongo Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2): 935-46.
Nurseto, T., 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1): 19-35.
Rahayu, I. & Limantara, L.M., 2013. Upgrading The Availability Of Building Sentence On Indonesian Language Learning By Using Series Pictures Media. Academic Research International, 4(2): 530-35.
Ruseffendi, E.T., 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA (edisi revisi). Bandung: Tarsito.
Sari, A.D.C. & Supardi, K.I., 2013. Pengaruh Model Team Games Tournament Media Tournament-Question Cards terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1): 1042-50.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, N., Widodo, A.T. & Sumarni, W., 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education, 2(1): 49-55.
Thiagarajan, 1974. Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Udaibah, W., 2013. Bahan Ajar Multi-Intelegensia Berbasis Animasi sebagai Media untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris Kimia IAIN Walisongo Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1): 1031-41.
Udo, M.E., 2010. Effect of Guided-Discovery, Student- Centred Demonstration and the Expository Instructional Strategies on Students’ Performance in Chemistry. An International Multi-Disciplinary Journal Ethiopia, 4(4): 389-98.
Yusnawan, I.P.A., 2013. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Gradien Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1): 76-86.