Desain E-LKPD Berbasis Fillable PDF Bermuatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk, menganalisis kelayakan, keefektifan dan respon peserta didik terhadap produk yaitu E-LKPD berbasis fillable PDF bermuatan kontekstual. Penelitian termasuk penelitian pengembangan (R&D) dengan desain 4D oleh Thiagarajan, dengan tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Subjek uji coba sejumlah 36 peserta didik kelas X MIPA. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, tes, dan nontes. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar pedoman wawancara, validasi, uji keterbacaan, tes, dan respon. Hasil validasi materi, media dan uji keterbacaan menunjukkan E-LKPD layak digunakan, diperoleh persentase 92,38; 92,50 dan 96,17% dengan kriteria sangat valid dan sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan E-LKPD efektif meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan kriteria tinggi berdasarkan hasil ketuntasan klasikal sebesar 80,56% dan nilai n-gain sebesar 0,72. Peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap E-LKPD dengan persentase 84,81% termasuk kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini yaitu dihasilkan E-LKPD berbasis fillable PDF bermuatan kontekstual yang layak digunakan, teruji keefektifannya, dan mendapatkan tanggapan positif. Saran yang diberikan yaitu pada E-LKPD dapat ditambahkan berbagai kegiatan yang lebih melatih kemampuan menyimpulkan dan uji coba lebih baik dilaksanakan secara luring. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi terkait produk E-LKPD berbasis fillable PDF bermuatan kontekstual sehingga bermanfaat bagi peserta didik, guru, dan peneliti.