Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Etnosains Pada Budaya Jamu Tradisional Terhadap Literasi Kimia Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Deluna Hayang Faista
Woro Sumarni
Sudarmin Sudarmin
Harjito Harjito

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia bermuatan etnosains pada budaya jamu tradisional terhadap literasi kimia siswa. Penelitian ini sudah menghasilkan modul kimia bermuatan etnosains pada budaya jamu tradisional yang sudah dinyatakan layak digunakan. Penelitian ini menilai literasi kimia siswa setelah menggunakan modul kimia bermuatan etnosains pada budaya jamu tradisional. Penelitan ini menilai aspek literasi kimia secara keseluruhan, aspek konten, aspek konteks, dan aspek kompetensi. Hasil ketercapaian literasi kimia secara keseluruhan yang tertinggi dalam kategori sangat baik yaitu sebanyak 16 siswa, kategori baik sebanyak 10 siswa dengan jumlah total 32 siswa. Hasil literasi kimia aspek konten terdapat dua indikator penilaian dengan hasil 39% dan 61%. Hasil literasi kimia aspek konteks terdapat lima indikator penilaian dengan hasil 20%, 20%, 22%, 21%, dan 17%. Sedangkan pada literasi kimia aspek kompetensi memiliki tiga indikator penilaian dengan hasil 33%, 30%, dan 37%. Secara keseluruhan hasilnya modul kimia bermuatan etnosains pada budaya jamu tradisional sudah dapat berpengaruh terhadap literasi kimia siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Deluna Hayang Faista, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Woro Sumarni, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Sudarmin Sudarmin, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Harjito Harjito, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang