PENGGUNAAN INTERNET MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rafika Erliana Pratama
Kiki Aryaningrum

Abstract

In the face of the era of Globalization of technology and communication development is very fast and used as a source of learning, learning media to enrich knowledge and skills. The method used in this study is quantitative experiments with data collection techniques obtained using tests and documentation. The average value of student learning outcomes in the experimental class can be categorized either that is 82.5 with applied interactive multimedia internet learning media, while the average grade of classroom control learning results by using lecture method can be categorized enough with the average of student learning outcomes is 66.1. Based on the calculation, obtained tcount = 2.9075 and ttable = 2.064 it can be concluded that t arithmetic ttable 2.9075≥ 2.064 means testing hypothesis Ha accepted and Ho rejected, then the hypothesis states an increase learning outcomes in Social Studies learning.


Dalam menghadapi era Globalisasi perkembangan teknologi dan komunikasi sangat cepat dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar, media pembelajaran untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan tes dan dokumentasi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dapat dikategorikan baik yaitu 82,5 dengan diterapkan media pembelajaran internet multimedia interaktif, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dapat dikategorikan cukup dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 66,1. Berdasarkan perhitungan, diperoleh thitung = 2,9075 dan ttabel = 2,064 maka dapat disimpulkan bahwa thitung  ≥ ttabel yaitu 2,9075 ≥ 2,064 berarti pengujian hipotesisnya Ha diterima dan Ho di tolak, maka dengan demikian hipotesis menyatakan adanya peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPS.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##