Drill Bermedia Flash Card dan Praktik CTPS pada Anak Tunagrahita Sedang

  • Rita Andayani Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sofwan Indarjo Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: flash card, handwashing, mental retardation.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode drill bermedia flash card dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun pada anak tunagrahita sedang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan pre-test-post-test control group. Sampel berjumlah 10 responden tiap kelompoknya, dengan 2 kelompok maka total sampel sebanyak 20 responden. Instrumen yang digunakan berupa, flash card, kuesioner, dan check list. Hasil uji T Berpasangan dan Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan (p=0,005) dan praktik (p=0,011) pada kelompok eksperimen. Dari hasil uji Mann-Whitney terdapat peningkatan pengetahuan antara kelompok eksperimen dan control (p=0,025) dan peningkatan praktik (p=0,010). Hasil penelitian adalah metode drill bermedia flash card efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun pada anak tunagrahita sedang.

Kata Kunci: Metode Drill bermedia flash card, cuci tangan, tunagrahita

Purpose of the research is to discover the effectiveness of drilling method using flash card to improve knowledge and practice of handwashing for children with moderate mental retardation. The research is a quasi-experiment that uses pre-test-post-test control group approach. There are 10 respondents in each group. As a result, the total samples are 20 respondents. The instruments that have been used are flash card, questionnaire, and check list. The result of Paired t-test and Wilcoxon shows that there is a knowledge improvement (p=0,005) and practice (p=0,001) of experimental group. The result of Mann-Whitney test shows that there is a knowledge improvement of experimental and control group (p=0,025) and practice (p=0,010). The research result concludes that drilling method using flash card is effective to improve knowledge and practice of handwashing for children with moderate mental retardation.

Keyword: flash card, handwashing, mental retardation.

 

Published
2017-05-09
How to Cite
Andayani, R., & Indarjo, S. (2017). Drill Bermedia Flash Card dan Praktik CTPS pada Anak Tunagrahita Sedang. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(1), 43-47. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/higeia/article/view/13991
Section
Articles