EDUKASI PENCEGAHAN COVID-19 SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN COVID-19 PADA MAHASISWA
Abstract
ABSTRAK
Persentase mahasiswa Jurusan IKM FIK UNNES yang memahami dan menjalankan protokol kesehatan sebesar 69%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan pengetahuan COVID-19 pada mahasiswa setelah diberikan edukasi pencegahan COVID-19. Studi ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest design. Responden penelitian ini adalah 286 mahasiswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pemberian edukasi sebanyak 6 kali selama 6 minggu. Data pretest dan pottest dianalisis dengan uji t berpasangan. Skor pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi pertama hingga keenam menunjukkan adanya perbedaan (nilai p<0,01). Skor pengetahuan sebelum edukasi sebesar 44,12+12,52 meningkat menjadi 60,74+11,69 setelah edukasi. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi pencegahan COVID-19 secara daring pada mahasiswa.
ABSTRACT
The percentage of students who understand and implement health protocols was 69%. The purpose of this study was to determine changes in knowledge of COVID-19 in students after being given education on prevention of COVID-19. This study was a quasi-experimental design with one group pretest posttest design. The respondents of this study were 286 students who were selected by simple random sampling technique. Health education was given 6 times for 6 weeks. Pretest and pottest data were analyzed by paired t-test. Knowledge scores before and after the first to sixth education showed a difference (p value <0.01). Knowledge score before education was 44.12+12.52 increased to 60.74+11.69 after education. The conclusion of this study was that there was a significant difference in knowledge scores before and after online COVID-19 prevention education among students.