Intervensi Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pencegahan Diabetes Melitus pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Diabetes Melitus merupakan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang menjadi isu kesehatan global. Saat ini, terjadi peningkatan kasus Diabetes Melitus pada anak-anak hingga 70 kali lipat hingga Januari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil intervensi yang diberikan kepada anak Sekolah Dasar melalui media video dan poster di 2 SD, yaitu SDN Petompon 2 dan SDN Sekaran 1. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain control group pretest dan posttest untuk mengetahui efektivitas media promosi kesehatan terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan diabetes pada anak. Uji yang digunakan adalah Uji Wilcoxon untuk melihat efektivitas media yang digunakan. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Agustus-September 2023. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan responden, namun tidak menghasilkan peningkatan yang signifikan pada variabel sikap dan perilaku. Dapat disimpulkan bahwa media video dan poster efektif dalam meningkatkan pengetahuan responden, sedangkan variabel sikap dan perilaku membutuhkan waktu serta media pendukung lain untuk meningkatkan sikap dan perilaku pencegahan Diabetes Melitus pada Siswa Sekolah Dasar.
Â
Diabetes Mellitus is a Non-Communicable Disease (NCD) that has become a global health issue. Currently, there is an increase in cases of Diabetes Mellitus in Children up to 70 times until January 2023. This study intended to see the results of interventions given to elementary school children through video and poster media in two elementary schools, namely SDN Petompon 2 and SDN Sekaran 1. This quantitative research study uses a quasi-experimental approach with a control group pre-test and post-test design to determine the effectiveness of health promotion media on knowledge, attitudes, and behaviors of diabetes prevention in children. This research was conducted in August-September 2023. The results showed a significant increase in respondents knowledge but did not produce a significant increase in attitude and behavior variables. It can be concluded that video and poster media are effective in increasing respondents’ knowledge, while attitude and behavior variables require time and other supporting media to improve attitudes and behaviors to prevent Diabetes Mellitus in Children.