- Abstract viewed - 11768 times
- PDF downloaded - 3101 times
Affiliations
Ahmad Sulistyono
UNNES
Sri Wahyuni
Affiliation not stated
Kasmui Kasmui
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Muhammad Fahrur Rozi, Sri Wahyuni, Sopingi Sopingi, Proses Belajar Masyarakat secara Informal dalam Pengembangan Usaha Jasa Sepeda Onthel , Journal of Nonformal Education and Community Empowerment: Volume 2, No 2 (2018): Desember 2018
- Cici Fatmala, Kasmui Kasmui, Nuni Widiarti, Rekayasa Struktur Elektronik Single Walled Carbon Nanotube dengan Dopan Logam Kobalt untuk Adsorpsi Hidrogen Menggunakan Density Functional Theory , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Kristiyana Kristiyana, Agung Tri Prasetya, Kasmui Kasmui, Perbandingan Metode Destruksi Sedimen Sungai Kaligarang pada Analisis Logam Cu Menggunakan Flame Atomic Absorption Spectrometer (FAAS) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Arida Nurdiani, Kasmui Kasmui, Ella Kusumastuti, Pengaruh Dopan Logam Scandium dan Vanadium pada Carbon Nanotube terhadap Energi Adsorpsi Hidrogen Menggunakan Metode Density Functional Theory , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Vidya Putri Khavilla, Sri Wahyuni, Ari Fajar Riyanto, Jumaeri Jumaeri, Harjono Harjono, Preparasi dan Karakterisasi PP (Polypropylene) Termodifikasi LLDPE (Linear Low Density Polyethylene) dengan Teknik Pencampuran Biasa , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Lukman Sucipto, Wawan Rustyawan, Jumaeri Jumaeri, Dante Alighiri, Sri Wahyuni, Pengaruh Temperatur dan Rasio H2/Hidrokarbo Menggunakan Katalis CoMo/γ-Al2O3 pada Hydrotreating Combined Gas Oil , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Lies Lestariningtias, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Sri Susilogati Sumarti, Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Kimia Peserta Didik Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Melalui Two Tier Digital Test , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Harris Afriantono, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Ita Mawaddah, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi terhadap Keterampilan Metakognisi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi terhadap Keterampilan Metakognisi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi
Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Submitted: Aug 24, 2020
Published: Apr 27, 2021
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multirepresentasi terhadap keterampillan metakognisi peserta didik pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan post-test control group design. Subjek penelitian 29 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol pada kelas XI di salah satu sekolah swasta di Kudus. Instrumen penelitiain yang digunakan adalah tes tertulis essay, kuesioner keterampilan metakognisi, lembar observasi, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai post-test kelas eksperimen (rata-rata = 66,76) berbeda signifikan dengan kelas kontrol (rata-rata = 62,67). Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 2,074 dan ttabel sebesar 1,672, thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran yang diberikan pada kedua kelas. Pengaruh pembelajaran tersebut dapat dilihat melalui pemecahan masalah yang dilakukan oleh peserta didik. Pemecahan masalah yang dilakukan menunjukkan keterampilan metakognisi peserta didik. Semakin baik pemecahan masalah yang dilakukan menunjukkan peserta didik memiliki keterampilan metakognisi yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran berbasis multirepresentasi berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi peserta didik pada materi laju reaksi.
Kata Kunci : Keterampilan metakognisi, pembelajaran multirepresentasi, laju reaksi