- Abstract viewed - 1994 times
- PDF downloaded - 4213 times
Affiliations
Anis Widayani
UNNES
Edy Cahyono
Affiliation not stated
Harjono Harjono
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Vidya Putri Khavilla, Sri Wahyuni, Ari Fajar Riyanto, Jumaeri Jumaeri, Harjono Harjono, Preparasi dan Karakterisasi PP (Polypropylene) Termodifikasi LLDPE (Linear Low Density Polyethylene) dengan Teknik Pencampuran Biasa , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Yuni Nur Azizah, Edy Cahyono, Analisis Pemahaman Konsep dan Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Hidrolisis Garam dengan Model Flipped Classroom Learning , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- Intan Cahyaningrum, Sri Mursiti, Woro Sumarni, Harjono Harjono, Pengaruh Praktikum Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Virtual Lab terhadap Keterampilan Proses Sains , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Rika Ayu Lestari, Endang Susilaningsih, Harjono Harjono, Sri Susilogati Sumarti, Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hidrolisis , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Amalina Artani, Sri Susilogati Sumarti, Sigit Priatmoko, Harjono Harjono, PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Chinta Celi Ayu Cendana, Harjono Harjono, Sri Haryani, Murbangun Nuswowati, Korelasi Persepsi Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa selama Pandemi Covid-19 di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Adhina Choiri Putri, Sri Wardani, Murbangun Nuswowati, Harjono Harjono, PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Noviana Sri Rahayu, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Harjito Harjito, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Design Based Learning (DBL) pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Design Based Learning (DBL) pada Materi Sistem Koloid
Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Submitted: Feb 16, 2021
Published: Dec 16, 2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Design Based Learning (DBL) pada materi sistem koloid yang layak dan diterima dengan baik oleh guru untuk digunakan dalam pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini yaitu R&D dengan model 3D yang merupakan penyederhanaan model 4D dari Thiagarajan. Tahapan penelitian terdiri dari tahap Define, Design, dan Develop. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kajian pustaka, lembar validasi ahli, dan angket tanggapan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli dilakukan uji kesepakatan rater menggunakan indeks Aiken’s V. Hasil validasi diperoleh rerata skor 57,5 (82,14%) pada aspek kualitas isi, 46,5 (84,54%) pada aspek kelayakan kebahasaan, 76,5 (90%) pada aspek kegrafikan, dan 25,5 (85%) pada aspek penyajian yang masing-masing berada pada kategori sangat layak. Hasil uji kesepakatan dengan indeks Aiken’s V menunjukkan bahwa LKPD berbasis desain memiliki tingkat validitas tinggi untuk aspek kualitas isi, kelayakan kebahasaan, kegrafikan, dan penyajian. Hasil tanggapan guru diperoleh rerata skor 67 (83,75%) dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil validasi ahli dan angket tanggapan maka LKPD berbasis DBL memenuhi kriteria layak dan diterima dengan baik oleh guru.
Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, DBL, Koloid