Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Olahan Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Dlisen
PDF

Keywords

Pemberdayaan Masyarakat
Desa Dlisen
Kabupaten Batang

How to Cite

PRAMONO, S., NURROHMAH, N., WIDYANINGSIH, R., & SULISTIANINGSIH, D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Olahan Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Dlisen. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 2(2), 192-198. https://doi.org/10.15294/jphi.v2i2.35546

Abstract

Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan mengoptimalkan potensi di sekitar masyarakat yang mampu dikelola dengan baik. Desa Dlisen merupakan salah satu desa di Kecamatan Limpung yang sebagian besar hasil taninya adalah jagung. Hasil panen kedua tanaman tersebut belum cukup optimal memberikan pendapatan bagi warga desa karena hanya dijual mentah ke pasar. Dari permasalahan tersebut, perlu adanya optimalisasi pemanfaatan SDA Desa Dlisen melalui upaya diversifikasi produk. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan keterampilan diversifikasi produk olahan jagung menjadi produk yang sehat dan bernilai ekonomis. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 23 Oktober 2019 bertempat di Aula Balai Desa Dlisen dengan melibatkan 25 orang masyarakat sasaran. Metode yang digunakan adalah penyuluhan interaktif dan konsultasi dengan tahapan pra kegiatan, pelaksanaan, dan evaluasi dan motivasi sasaran. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan pengolahan jagung dalam hal ini diversifikasi produk nugget jagung dan susu jagung serta mampu memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Diversifikasi Produk, Jagung, Masyarakat Desa Disen

https://doi.org/10.15294/jphi.v2i2.35546
PDF

References

Krisnawati, Atika. 2016. “Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya)” Jurnal Mahasiswa Unesa, Vol. 4 No. 4. hal 2.
Noor, Munawar. 2011. Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS. Vol. 1.(2). Diunduh melalui journal.upgris.ac.id. 7 November 2019. 14.18 WIB.
Satiarini, Bertha. 2006. Kajian Produksi dan Profitabilitas Pembuatan Susu Jagung. Skripsi. Intitut Pertanian Bogor.
Suarni, Yasin M. 2011. Jagung Sebagai Sumber Pangan Fungsional. Iptek Tanaman Pangan 6(1) : 41-56.
Zulfa, Nurul Husna. 2016. Standarisasi Resep Nugget Jagung Manis (Zea Mays Saccharata). Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala.