Pengaruh Ekstrak Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) dalam Memperbaiki Organ Ginjal Mencit (Mus musculus) Yang Di Induksi Karbon Tetra Klorida (CCL4)

Main Article Content

Theopilus Watuguly
Eifan Boyke Pattiasina
Pramadya Maulota

Abstract

The efficacy of cinnamon and the negative and positive effects of tetrachloride that cause kidney damage in mice, it is necessary to do research on the effect of cinnamon extract in repairing the kidney organs of mice induced by carbon tetra chloride (CCL4). Carbon tetrachloride (CCL4) is often used as a model to study hepatotoxicity in experimental animals because it is toxic, especially to kidney cells, both after acute and chronic exposure. The purpose of this study was to determine Cinnamon extract in repairing kidney damage in mice. The type of research used in this research is comparative research. Histopathological picture of normal mice kidney after administration of cinnamon extract with a concentration of 5% after induction of carbon tetrachloride, but administration of cinnamon extract with concentrations of 10% and 15% as well as positive control of the kidney of mice still showed abnormal kidney histopathology


 


Khasiat kayu manis dan efek negative dan positif dari tetra klorida yang menyebabkan kerusakan ginjal mencit, maka perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh ekstrak kayu manis dalam memperbaiki organ ginjal mencit yang di induksi karbon tetra klorida (CCL4). Karbon tetra klorida (CCL4) sering digunakan sebagai model untuk mempelajari hepatotoksisitas pada hewan coba karena sifatnya yang toksis terutama pada sel ginjal, baik setelah pemaparan akut maupun kronis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ekstrak Kayu manis dalam memperbaiki kerusakan ginjal mencit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif. gambaran histopatologi ginjal mencit normal setelah pemberian  ekstrak kayu  manis dengan konsentrasi 5% pasca di induksi karbon tetra klorida, namun pemberian ekstrak kayu manis konsentrasi 10% dan 15% serta pada kontrol positif ginjal mencit masih menunjukkan adanya gambaran histopatologi ginjal yang tidak normal.


 


Keywords:


Cinnamon, mencit kidney, Kayu manis, ginjal mencit, CCL4

Article Details

Section
Articles