MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN ANGKA DAN HURUF UNTUK ANAK TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Usia dini merupakan usia yang sangat penting bagi perkembangan anak sehingga disebut golden age (lima tahun pertama). Pada usia ini sebaiknya mendapatkan pendidikan yang dapat menuntun mereka ke kehidupan yang akan datang. Dalam pertimbangan di atas, pengenalan huruf dan angka merupakan sesuatu yang sangat penting bagi anak-anak sebagai perantara untuk lebih mengenal benda di sekitarnya. Salah satu cara yang cukup diminati oleh guru yaitu mengajar dengan menggunakan komputer karena dapat menjadikan anak berminat dan menggugah rasa ingin tahu serta pembelajaran tidak cepat membosankan. Proyek studi ini bertujuan untuk menghasilkan Media Belajar Interaktif mengenai pengenalan angka dan huruf. Multimedia Pembelajaran Interaktif ini dapat digunakan oleh anak Taman Kanak-Kanak sebagai salah satu media untuk belajar yang dapat dilakukan secara mandiri melalui alat bantu komputer. Selain itu, Multimedia Perancangan Interaktif ini juga dapat menarik minat belajar anak karena dilengkapi dengan unsur audio, visual, animasi, penggunaan warna-warna cerah di setiap tampilan interface-nya, dan penggunaan komposisi yang sederhana sehingga memudahkan anak-anak untuk mengoperasikannya.
Early age is a very important age for the development of the so called golden age child (first five years). At this age you should get an education that can lead them into the next life. In consideration of the above, the introduction of letters and numbers is something that is very important for the children as an intermediary to get to know the surrounding objects. One way that is preferred by the teachers teach using the computer because it can make children interested and intrigued and quickly learning not boring. The project aims to produce a study Media Interactive Learning on introduction of numbers and letters. Multimedia Interactive Learning can be used by kindergarten children as a medium for learning that can be done independently by computer aids. In addition, the design of Interactive Multimedia can also attract children to learn because it is equipped with audio elements, visual, animation, the use of bright colors on each display interface, and the use of simple composition making it easier for children to operate.
References
Ardiyo. 2012. Pengertian Desain Komu nikasiVisualdalamhttp://for7dela pan.wordpress.com/2012/02/10/pengertian-desain-komunikasi-vi sual/(10Februari 2012).
Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelaja- ran. Jakarta: Raja Grafindo Per- sada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Hasanah, Uswatun. 2011. Mengembang kan Daya Pikir dan Daya Cipta dalamhttp://www.vilila.com/2011/04/mengembangkan-daya-pikir-dayacipta.html#ixzz1KEh0TNBN (03 April 2011).
Jannah, Miftachul. 2011. Lambang Bilangan dalam http://miftachul jannah.weebly.com/3/post/2011/ 2/first-post.html (02 Mei 2011).
Kusrianto, Adi. 2010. Definisi Desain Komunikasi Visual dalam http://adikusrianto.Wordpress.com/category/desain-grafis/dkv/(29 Juli 2010).
Sulaiman, Annas Marzuki. 2012. PRI- NSIP-PRINSIP ANIMASI dalam http://anazdesign.Wordpres.com/2012/10/22/prinsip-prinsipanimasi/ (22 Oktober 2012).
Sunaryo, Aryo. 2002. Handout Kuliah. Nir mana I.Universitas Negeri Sema- rang.