PENDALAMAN LITERASI NUMERASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD DI SEKOLAH-SEKOLAH YPII SEMARANG DALAM RANGKA MENYIAPKAN ASESMEN NASIONAL

  • Rahayu Budhiati Veronica Universitas Negeri Semarang
  • Kristina Wijayanti Universitas Negeri Semarang
  • Y L Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
Keywords: Asesmen Nasional, AKM, Literasi Numerasi, HOTS

Abstract

Pemerintah, melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah kebijakan tentang Ujian Nasional (UN). Mnurut rencana, pada tahun pelajaran 2020/2021 ujian nasional dihapuskan dan diganti dengan Asesmen Nasional. Namun karena terjadi pandemic Covid 19, penghapusan UN dilaksanakan lebih awal yaitu pada tahun pelajaran 2019/2020 yang lalu. Sedangkan Asesmen Nasional akan dilaksanakan pada bulan September 2021. Hal ini dilakukan berdasarkan evaluasi Ujian Nasional yang hanya menilai aspek kognitif saja dan belum menyentuh karakter siswa secara menyeluruh. Asesmen Nasional  meliputi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survey Karakter. AKM terdiri dari : (1) Literasi Membaca; (2) Literasi Numerasi dan (3) survey karakter. Asesmen Nasional dirancang untuk memotret mutu input, proses dan hasil belajar yang mencerminkan kinerja satuan pendidikan dan sekaligus menghasilkan informasi yang obyektif dan komprehensif untuk perbaikan kualitas belajar mengajar yang kemudian diharapkan berdampak pada karakter dan kompetensi siswa. Dalam mengatasi kelemahan siswa tentang literasi numerasi  dibutuhkan kemampuan bernalar dan berpikir kritis. Higher-Order Thinking Skills (HOTS) merupakan suatu proses berpikir siswa dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode kognitif  dan  taksonomi  pembelajaran  seperti  metode  problem  solving,  taksonomi bloom,  dan  taksonomi  pembelajaran,  pengajaran,  dan  penilaian  (Saputra,  2016:91). HOTS meliputi di dalamnya kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, kemampuan berargumen, dan kemampuan mengambil keputusan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui berbagai cara, antara lain dengan meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan dan pendidikan. Berdasarkan diskusi dengan pihak YPII, diperoleh informasi bahwa sebagian besar guru masih mengalami kesulitan dalam membelajarkan konsep matematika kepada siswa, menyusun soal-soal yang mengembangkan HOTS sehingga mengalami kesulitan dalam mempersiapkan siswa menghadapi AKM yang salah satu materinya adalah literasi numerasi yang membutuhkan daya nalar dan berpikir kritis.

References

Anderson, O.W & Krathwohl, D. R. 2001. Taxonomy of learning, teaching, and assessing. New York, NY: Longman.
Brookhart, S. M. 2010. How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria, VA: ASCD.
Johar, R. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang
1(1), 1-12.
Kurniati, D. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten
Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Penelitian dan Evaluasi
Pendidikan 20(2), 142-155.
Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: are we able to put the mathematics we learm into everyday use. Journal Of Mathematics Education 4(1), 89-100.
OECD, PISA. 2017. How Does PISA for Development measure mathematical literacy. Paris: OECD Publisher.
Ramos, J. L., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students: A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research , IV, 46-80.
Saputra, H. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Setiawan, H., Dafik., & Diah, N. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Jember.
Sumarmo, U., & Nishitani, I. 2010. High level mathematical thinking: Experiments with high school and under graduate students using various approach and strategies . Diambil pada 25 Februari 2016, dari https://goo.gl/5ilIwi.
Widodo, T & Kadarwati, S. 2013. High Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan 32(1), 161-171.
Pusmenjar Kemendikbud, 2020. Asesmen Kemapuan Minimal.
Published
2022-08-02
How to Cite
Veronica, R., Wijayanti, K., Sukestiyarno, Y., & Kartono, K. (2022). PENDALAMAN LITERASI NUMERASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD DI SEKOLAH-SEKOLAH YPII SEMARANG DALAM RANGKA MENYIAPKAN ASESMEN NASIONAL. BERDAYA Indonesian Journal of Community Empowerment, 1(2), 27-32. https://doi.org/10.15294/berdaya.v1i2.51026
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>