PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

  • Hengky Fransiska Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran guided discovery berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap pemahaman konsep. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan model true eksperimental design tipe post test only. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Semarang dengan populasi kelas X MIA yang terdiri dari empat kelas, pengambilan sampel secara cluster random sampling dan didapatkan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen serta kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah true eksperimental design tipe post test only dengan instrumen penelitian menggunakan soal diagnostik three tier. Analisis data didapatkan bahwa rata-rata nilai post test pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 57,50 sedangkan kelas kontrol sebesar 54,46. Simpangan baku sampel didapatkan sebesar 7,038 dengan ukuran sampel sebanyak 73 peserta didik. Berdasarkan uji t pemahaman konsep didapatkan thitung (1,845) > ttabel (1,67). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik sebagai pendamping belajar model guided discovery terhadap pemahaman konsep peserta didik.

Published
2018-09-12