miskonsepsi; tes diagnostik; tw PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK TWO-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI

  • pratiwi nurfainzani Universitas Negeri Semarang
  • Endang Susilaningsih
  • jumaeri jumaeri

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik two-tier untuk analisis peta pemahaman siswa kelas XI SMA/MA pada materi hidrolisis-buffer yang layak. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan instrumen tes metode 4D, terdiri atas tahapan define, design, develop, and dissemination. Metode pengambilan data yang dilakukan dengan metode wawancara dan metode validasi ahli yang menggunakan instrumen lembar wawancara dan lembar validasi ahli untuk mendapatkan informasi kesulitan belajar siswa pada materi hidrolisis dan buffer maupun presepsi profil miskonsepsi yang terjadi serta hasil penilaian validator terkait pengembangan instrumen tes diagnostik two-tier multiple choice yang dikembangkan. Data hasil penelitian didapatkan validitas ahli mengenai kelayakan  instrumen dengan skor 34,6 dari jumlah skor total 44 dan soal yang valid berjumlah 22 butir soal dan reliabilitas soal sebesar 0,91. Tes diagnostik two tier multiple choice yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes diagnostik yang dikembangkan layak untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas XI.

Published
2018-09-12

Most read articles by the same author(s)