PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ASAM BASA DENGAN STRATEGI KONTEKSTUAL BERBANTUAN MODUL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nafila Rahma Putri
Saptorini Saptorini

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran asam basa yang valid, efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mendapat respon baik dari siswa. Penelitian menggunakan metode R&D model 4D, tetapi langkah-langkah penelitian yang dilakukan hanya sampai 3D yaitu Define, Design, dan Develope. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid terbukti dari rata-rata skor validasi dari tiga validator tidak kurang dari 3,5. Hasil belajar siswa meningkat setelah pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan, terbukti dari peningkatan hasil belajar kognitif dari rata-rata skor siswa 12,32 menjadi 25,62, peningkatan hasil belajar afektif dari rata-rata skor 21,41 menjadi 37,74, dan peningkatan hasil belajar psikomotorik dari rata-rata skor 27,44 menjadi 35,53. Respon siswa terhadap pembelajaran telah terbukti baik dilihat dari hasil analisis angket respon siswa yang menunjukkan rata-rata skor tidak kurang dari 3,5. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran asam basa yang dikembangkan valid, efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dan mendapatkan respon baik dari siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Nafila Rahma Putri, Jurusan Kimia UNNES

chemistry department college student

References

Avraamidou, L. & Osborne, J. 2008. Science as narrative: the story of discovery of penicillin. University of Nicosia Journal. 1(1): 1-5
Arroio, A. 2009. Comics as a narative in natural science education. Western Anatolia Journal of Educational Science. 1(1): 93-98
Elvinawati. 2012. Optimalisasi pembelajaran kimia sekolah melalui penerapan contextual teaching and learning. Jurnal Exacta. 10(1): 17-23
Lis, P.S. 2010. The effectiveness of natural based contextual approach on student’s chem learning outcome and scientific attitude. Prosiding 4thinternational Seminar of Science Education. Bandung 30 Oktober 2010
Mooij, T. 2007. Contextual learning theory: concrete form and a software prototype to improve early education. Computers & Education Elsevier. 48(1): 100-118
Nurdin. 2009. Implementasi pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan. 9(1): 109-122
Rahayu, K.P., Sumarni. W., & Soeprodjo. 2009. Efektivitas penerapan metode kasus menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar kimia SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3(1):345-353
Sanjaya, W . 2008. Perencanaan dan desain pembelajaran. Jakarta: Prenada Media
Tatalovic, M. 2009. Science comics as a tools for science education and a communication: a brief, exploratory study. Journal of Science Communication. 8(4): 1-17
Wasis. 2006. Contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran sains-fisika SMP. Cakrawala Pendidikan. 25(1):1-16
Widiarti, N. & Wahyun, S. 2010. Penerapan pembelajaran berbasis masalah berorientasi chemo-entrepreneurship pada praktikum kimia fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4(1): 484-496
Wu, C. & Foos, J. 2010. Making chemistry fun to learn. Literacy Information and Computer Education Journal. 1(1): 3-7