PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MODUL INTERAKTIF

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Selvia Anggraeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang layak, valid dan efektif pada materi Larutan Asam-Basa dengan pendekatan CTL berbantuan Modul Interaktif. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development dengan metode Tiagaradjan, Semmel & Semmel yang dikenal dengan model 4-D (four D model). Fokus penelitian adalah validitas dan efektivitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA N 1 Comal dengan subyek penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai kelas uji coba skala kecil dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas uji coba skala besar pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Validitas perangkat pembelajaran didasarkan pada penilaian ahli sementara efektivitasnya berdasarkan peningkatan dan uji ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis Gain, terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 0,776 dengan kriteria peningkatan tinggi. Sementara ketuntasan hasil belajar secara klasikal diperoleh prosentase 88,09%.  Rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik dan afektif kelas uji coba skala besar secara berturut – turut adalah 4,1 (baik) dan 4,15 (baik).Siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran hasil pengembangan. Simpulan penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL berbantuan Modul Interaktif pada materi Larutan Asam-Basa valid dan efektif sebagai perangkat pembelajaran di SMA N 1 Comal.

KataKunci : CTL; HasilBelajar; Modul Interaktif; Perangkat Pembelajaran

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ampa, A.T., Muhammad Basri D, & Andriani, A.A. 2013. The development of contextual learning materials for the English speaking skills. International Journal of Education and Research.1(9): 1-10

Deen, I.S & Smith, B. P. 2006. Contextual teaching and learning practices in the family and consumer sciences curriculum. Journal of Family and Consumer Sciences Education.24(1): 14-27

Dewi, M. R., Rachmadiarti, F., & Wisanti. 2012. The development of teaching and learning (CTL)-based ecosystem module for learning biology in X-class of senior high school. Biology education. 1(1): 11-14

Hall, C.& Kidman, J. 2004. Teaching and learning: mapping the contextual influences. International Education Journal. 5(3): 331-343

Hartoyo. 2009. Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah teknik pendingin dan tata udara berbasis kompetensi sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Edukasi@Elektro. 5(1): 53-66

Komalasari, K. 2012. The effect of contextual learningin civic education on students’ civic skills. International Journal for Educational Studies. 4(2): 179-190

Nurhadi.2004. Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Satriani, I., Emilia, E., & Gunawan, M.H. 2012.Contextual teaching and learning approach to teaching writing. Indonesian Journal of Applied Linguistics.2(1): 10-22

Tambelu, J. V. A. 2013. Development of mathematical learning based contextual model in south minahasa regency. Journal of Education and Practice.4(1): 27-32

Yunianingrum, E. 2008. Efektivitas pembelajaran kimia dengan pendekatan contextual teaching and learning dan media flowchart melalui permainan diagram alur peta pikiran. Skripsi.Semarang : Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang