PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN CTL BERBANTUAN MODUL HANDS-MINDS ON ACTIVITY

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Afrilia Mada Yunita Ningrum

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) mengembangkan perangkat pembelajaran berbantuan modul Hands-minds on yang teruji valid (2) mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berbantuan modul Hands-minds on activity. Peneltian ini adalah penelitian R&D Thiagaradjan dengan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, modul Hands-minds on activity beserta instrument evaluasinya. Validitas produk yang dikembangkan diuji oleh 3 validator yang menunjukkan hasil bahwa perangkat yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan perolehan skor rata rata diatas 75%.  Uji coba kelas kecil pada penelitian ini menggunakan 9 siswa dan pada uji coba skala besar menggunakan 27 siswa kelas XI IPA 1. Hasil analisis menunjukan bahwa uji gain peningkatan hasil belajar siswa memperoleh skor 0,8068 dengan kriteria tinggi, dan uji gain pada keterampilan literasi sains memperoleh skor sebesar 0,8194 dengan kriteria peningkatan tinggi. Hasil aspek afektif dan psikomotor diukur dengan lembar observasi, sedangkan respon siswa diukur menggunakan angket dan hasilnya baik. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) perangkat pembelajaran berbantuan modul Hands-minds on activity yang dikembangkan valid. (2) respon siswa terhadap pembelajaran berbantuan modul Hands-minds on activity baik.

 

Kata kunci : keterampilan literasi sains; modul hands-minds on activity; pendekatan CTL; R&D

Abstract

The development research aims to (1) developing the learning sets using module hands-minds on activity  validated (2) knowing the student’s response about learn using module hands-minds on activity . This research is the study of R & D Thiagaradjan with 4D models that define, design , develop and disseminate . Products developed in this study is the syllabus , lesson plans , modules Hands - on activity and their minds evaluation instrument . Small class trials in this study using 9 students and the large -scale trials using 27 students . The results of the analysis showed that the gain test improving student learning outcomes with criterion scores 0.8068 high , and the gain in test scores of science literacy skills of 0.8194 with a high improvement criteria . Afectif and psikomotoric test using observasion sheet, and student’s response about learning activity is good. Based on the data analysis the products that have been developed show the results we conclude that (1) the lesson sets with CTL approach using module Hands-minds on activity is valid (2) module hands-minds on activity received good responses.

 

Keywords : CTL approach ; Hands-minds on activity module; Scientific literacy skills; R&D

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Buxton, C.A. 2002. Exploring science literacy in practice. Journal of Research in Science Teaching. 38(4): 387-407.

Corpus, E.G. 2005. Hands-on and minds-on modeling activities to improve students’ conceptions of microscopic friction . Physics & Geology Teaching Department journal. 9(1) : 70-81.

Erickson , P.M. 2001. Contextual teaching and learning: preparing student for new economy. The Highlight Zone Research Journal. 4(5) : 1-8.

Goldman, S. R., & Wiley, J. 2002 Scientific literacy: the centrality of critical reading. Journal of Research in Science Teaching. 32(2):117-131.

Hobson, A. 2004. Teaching relevan science for scientific literacy. Journal of college scientific teaching. 2(1): 13-25.

Kun, P. 2001. Pendekatan Konstruktif untuk Optimalisasi Aktivitas Hands-on dalam Pembelajaran IPA. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Oliver, J.S. 2001. The concept of scientific literacy. Journal of Literacy Through Science. 1(1):46-57.

Rudd, J. A., Greenbowe, T. J., Hand, B. M, & Legg, M. L. 2001. Using the Science Writing Heuristic to move toward an inquiry-based laboratory curriculum: an example fromphysical equilibrium. Journal of Chemical Education. 78(3): 231-246

Smith, B.P. 2006. Contextual teaching and learning practices. Journal of Family Consumer Sciences Education. 24(1):14-27.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.
Supriati, A. 2006. Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Universitas Terbuka. 7 (1): 1-11.

Thomasenia, L.A. 2012. Preparing for Hands-on and minds-on explorations in math and science. ASEE K-12 Workshop journal. 3(1): 417-432.

Warsono, Y.W . 2003. Upaya peningkatan kualitas pembelajaran fisika modern dengan optimalisasi hands-on science. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Widodo , AT. 2011. Pembelajaran Inovatif Bidang Sains. Semarang : Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang