PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adhina Choiri Putri
Sri Wardani
Murbangun Nuswowati
Harjono Harjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan respon pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada materi reaksi reduksi-oksidasi (redoks). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Populasi penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 – X MIPA 4. Sampel penelitian ini yaitu X MIPA 2 dan X MIPA 4. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Intrumen penelitian berupa instrumen tes untuk mengukur kemampuan kognitif dan instrumen non-test berupa angket respon. Teknik analisis data kemampuan kognitif menggunakan uji Normalitas, Kesamaan Dua Varians, Mann-Whitney, Spearman Rank, dan Koefisien Determinasi. Teknik analisis data angket respon menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis uji Mann-Whitney data posttest didapatkan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05. Hasil analisis Spearman Rank (r’) Sig. (2-tailed) 0,011 < 0.05. Hasil nilai koefisien korelasi diperoleh 0,327. Hasil penelitian disimpulkan capaian kemampuan kognitif peserta didik akibat pengaruh pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD sebesar 11,4%. Hasil analisis deskriptif angket respon disimpulkan peserta didik kelas eksperimen setuju diterapkannya pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD. Pembelajaran ini membutuhkan manajemen waktu yang baik agar proses pembelajaran efektif dan efisien sehingga materi tersampaikan kepada peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>