PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DESTILASI BERBAHAN LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Norma Gupitasari
Woro Sumarni Sumarni
Sri Wardani Wardani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga yang layak dan praktis untuk meningkatkan psikomotorik siswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang, untuk uji coba skala kecil di kelas X-2 dan untuk uji coba skala besar diterapkan di kelas X-1. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian, skor validasi dari ahli sebesar 52 yang berarti alat peraga destilasi sangat layak digunakan. Selain itu, hasil respon dari siswa dan guru dapat disimpulkan bahwa alat peraga destilasi sangat praktis digunakan dengan skor kepraktisan secara klasikal dari siswa lebih dari 50% dan respon guru sebanyak 100%. Setelah menggunakan alat peraga destilasi berbahan limbah, terdapat peningkatan psikomotorik siswa yang secara klasikal siswa sudah mencapai keterampilan sangat tinggi. Dengan demikian, alat peraga destilasi berbahan limbah dapat digunakan untuk meningkatkan psikomotorik siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Dwi Norma Gupitasari, Jurusan Kimia Universitas Negeri Semarang

Chemistry Education

Department of Chemistry

Semarang State University

Woro Sumarni Sumarni, Jurusan Kimia Universitas Negeri Semarang

Ketua Jurusan Kimia

Sri Wardani Wardani, Jurusan Kimia Universitas Negeri Semarang

Ketua Program Pendidikan Kimia

References

Aksela, M. & Juntunen, M., 2013. Life-cycle analysis and inquiry-based learning in chemistry teaching. Science Education International, 24(2): 150-66.
Arifin, M., 2000. Strategi Belajar Mengajar Kimia Common TextBook (Edisi Revisi). Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UPI.
Azizahwati, e.a., 2010. Keterampilan psikomotorik fisika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe number head together. Jurnal Geliga Sains, 4(1): 12-17.
ChanLin, L.-J., 2008. Technology integration applied to project based learning in science. Innovation in Education and Teaching International, 45(1): 55-65.
Collazo, N.A.J..G.L.J.E.G.C., 2011. Tool use in a psychomotor task : the role of tool and learner variables. International Journal of Instruction, 4(2): 139-60.
Dahniar, N., 2006. Pertumbuhan aspek psikomotorik dalam pembelajaran fisika berbasis observasi gejala fisis pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(1): 1-5.
Glaser, R. & Carson Kathleen, M., 2005. Chemistry is in news: taxonomy of authentic news media based learning. International Journal of Science Education, 27(9): 1083-98.
Hakimzadeh, R.e.a., 2013. The teaching learning in nursing education. GSE Journal of Education 2013, 174-84.
Heriyanto, A.S.H.S.S., 2014. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis education game sebagai media pembelajaran. Chemistry in Education, 3(1): 1-7.
Lambertus, A.B.M.A.F., 2014. Developing skills resolution mathematical primary school students. International Journal of Education and Research, 2(10): 601-14.
Mioduser, D.d.N.B., 2007. The contribution of project based learning to high achievers' aquisition of technological knowledge and skills. Int J Technol Des Educ, 18(1): 59-77.
Mukhlisin, e.a., 2012. Pengembangan blog sebagai media pembelajaran untuk perolehan belajar konsep kimia karbon di universitas muhammadiyah pontianak. 1-12.
Osuala, O.d., 2014. The place of information and communication in students' cognitive assessment in Imo State Tertiary Institutions. International Journal of Education and Research, 2(11): 177-88.
Pamelasari, W.d., 2012. Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA degan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 51-56.
Rothgeb, M.K., 2008. Creating a nursing simulation laboratory : a literature review. Journal of Nursing Education, 47(11): 489-94.
Saputri, V.A.C.d.N.R.D., 2014. Pengembangan alat peraga sederhana eye lens tema mata kelas VIII untuk menumbuhkan keterampilan peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2): 109-15.
Sugiarto, 2010. In Workshop Pendidikan Matematika I. Semarang: Universitas Negeri Semarang. p.7.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A., 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumarni, W., 2015. The strength and weakness of the implementation of project based learning : a review. International Journal of Science and Research, 4(3): 478-84.
Tiangco, J.A.N., 2005. Project Based Learning (PBL) assessment for EFL/ESL instruction: the philippine experience and its implications to Taiwan. In A Paper Presented at the Language and Discourse Conference held at the National Institute for Development Administration in Bangkok. Thailand
Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, M.U., 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widiyatmoko, A.d.N.S., 2013. Designing simple technology as a science teaching aids from used material. Journal of Environmentally Friendly Processes, 1(4): 27-31.