PENERAPAN TEKNIK CACIL LASER SEBAGAI PENDEKATAN METODE DRILL PADA MATERI REDOKS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fredy Setyawan
Nurwachid Budi Santosa
Kasmadi Imam Supardi

Abstract

Mata pelajaran kimia menjadi menyenangkan dengan hasil belajar yang optimal,ketika guru kreatif menggunakan metode pembelajaran yang sesuai denganmateri yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adapengaruh penerapan teknik Cacil Laser sebagai pendekatan metode Drillterhadap hasil belajar materi pokok redoks di SMA 1 Mejobo. Populasi penelitianadalah seluruh kelas X semester 2 SMA 1 Mejobo. Teknik sampling yangdigunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelasX-7 sebagai kelas eksperimen menggunakan teknik cacil laser dalam prosesbelajar mengajarnya, dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol diberi metode drill.Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi danangket. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisiendeterminasi dan diperoleh rb 0,6 dengan besarnya kontribusi 36,05%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapanteknik cacil laser sebagai pendekatan metode drill terhadap hasil belajar kimiamateri pokok redoks siswa kelas X semester 2 SMA 1 Mejobo.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Frestialdi. 2009. Kegiatan mencatat. Diunduh di http://frestialdi.wordpress.com/2009/09/16 /dari-kegiatan-mencatat/ tanggal 18 April 2010
Laelly, N.I. 2008. Komparasi hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode drill dengan metode resitasi pokok bahasan larutan penyangga pada siswa kelas XI SMAN 1 Brebes tahun ajaran 2007/2008. Skripsi. Semarang : FMIPA UNNES
Mulyasa. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan, suatu panduan praktis. Bandung: Remaja Rosdikarya
Nurhidayanti, S. 2010. Implementasi improving learning dengan metode drill dan resitasi untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa (studi kasus pada mata
pelajaran statika kelas x teknik konstruksi kayu 2 SMK N Sragen). Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Roestiyah, N.K. 2001. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Sugiyono. 2006. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta