PEMBELAJARAN VISUALISASI, AUDITORI, KINESTETIK MENGGUNAKAN MEDIA SWISHMAX MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ismi Inayati
Tjahyo Subroto
Kasmadi Imam Supardi

Abstract

Mata pelajaran kimia khususnya materi larutan elektrolit dan non-elektrolit merupakan mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep. Kurangnya pemahaman konsep dikarenakan guru kurang memahami gaya belajar yang dimiliki siswa. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa agar materi tersebut dapat dipahami. Model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran VAK menggunakan media Swishmax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar pengaruh model pembelajaran VAK menggunakan media Swishmax terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012. Teknik penentuan sampel dengan sistem Cluster random sampling diperoleh dua kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran VAK menggunakan media Swishmaxdan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran ceramah diskusi. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran VAK menggunakan media Swishmax mempengaruhi hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh yang diberikan model pembelajaran ini yaitu 35,13%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anni, C. T, dkk. 2007. Psikologi belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Arsyad, A. 2008. Media pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Chandra. 2005. Animasi teks professional dengan swishmax. Palembang: Maxikom.
Daryanto. 2011. Media pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
DePorter, B. & Hernacki, M. 2008. Quantum learning ‘membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan’. Bandung: Mizan Media Utama.
Gilakjani, A. P. 2012. Visual, auditory, kinaesthetic learning style and their impacts on english language teaching. Journal of Studies in Education. 2/1: 104-113.
Haryadi, M G. 2010. Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada pecahan melalui pendekatan pembelajaran VAK. Skripsi. Surakarta: FIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Putri, D P. 2010. Efektivitas memanfaatan kit berorientasi VAKA terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi pokok larutan asam basa. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Sanjaya, W. 2007. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Syarif, A M. 2005. Cara cepat membuat animasi flash menggunakan swishmax. Yogyakarta: Penerbit Andi.