PENGARUH PENDEKATAN PAKEM BERBANTUAN PETA KONSEP ACAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Afro Khikmayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatanPAKEM berbantuan peta konsep acak terhadap hasil belajar materi pokok reaksiredoks siswa kelas X MAN Parakan Temanggung. Populasi dalam penelitianyaitu seluruh siswa kelas X MAN Parakan Temanggung tahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah eksperimen, pengambilan sampel dengan teknik clusterrandom samplingterpilih kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-10sebagai kelas kontrol.Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi,tes, observasi dan angket. Pada kelas Eksperimen diberi perlakuan pembelajarandengan pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acak dan kelas kontrolmenggunakan metode konvensional, yaitu ceramah. Data penelitian dianalisissecara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pos test untukkelas eksperimen adalah 77,11 dan kelas kontrol 70,08 dengan koefisien korelasibiserial (rb) 0,83 dan besarnya kontribusi yang diperoleh adalah 68,59%. Hal inimenunjukkan bahwa pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acakberpengaruh terhadap hasil belajar kimiamateri pokok reaksi redoks siswa kelasX MAN Parakan Temanggung

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ed. Revisi, Cet. Ke-9)Jakarta : Bumi Aksara

Asmani, J.M. 2011.7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.

Budimansyah, D.,et al.2010.PAKEM Pembelajaran
Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.Bandung:Genesindo
Cyuga. 2008. Peta Konsep. Diunduh dihttp://motivasik.multiply.com/journal/item/5/pet
a%20konsep tanggal 28 Mei 2011

Dunker, N., etal.2008.Efficiency of Concept Mapping for the Conceptual Understanding of Burning and Underlyng Processes of Combustion for Elementary School Student.Germany andSweden.University of Oldenburg University of Kristianstad.

Johnstone, A.H and Kevin H.O.2006. Concept mapping in Problem Based Learning : a Cautionary Tale. On Journal Chemistry Education Research and Practice, 2006,7 (2) 84-95.Glasgow. University of Glasgow

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Suherman, A.,et al.2011. Active Learning to Improve Fifth Grade Mathematics Achievement in Banten. On Excelence in Higher Education 2 (2011) 103-108. Indonesia. University of
Sultan Ageng Tirtayasa