Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa

  • Risa Arifiani Jurusan Kimia FMIPA UNNES
  • Soeprodjo Soeprodjo
  • Saptorini Saptorini
Keywords: Experiential Learning, Guided Discovery Learning, LKS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Demak tahun ajaran 2011/2012. Analisis tahap awal menunjukkan data populasi berdistribusi normal dan homogen, sehingga teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Dari hasil pengundian, diperoleh XI IPA 3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional berbantuan LKS) dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning berbantuan LKS). Analisis tahap akhir menunjukkan data kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Pada uji korelasi diperoleh harga rb sebesar 0,492 yang menunjukkan korelasi yang sedang, artinya pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning berbantuan LKS berpengaruh sedang terhadap hasil belajar siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis. Besarnya kontribusi pembelajaran ini terhadap hasil belajar siswa sebesar 24%. Hasil belajar kelas eksperimen maupun kelas kontrol telah mencapai ketuntasan. Ketuntasan belajar klasikal yang dicapai kelas kontrol maupun kelas eksperimen masing-masing 92,31% dan 100%. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning berbantuan LKS berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia SMA Negeri 3 Demak.

References

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyani, I. 2009. Peran experiential learning dalam meningkatkan motivasi pembelajar BIPA. Bandung: UPI.

Dimyati, M. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2003. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazar, Y. 2007. Mendesain kegiatan interaktif. Jakarta: USAID-LGSP.

Soeprodjo. 2002. Pengantar statistika untuk penelitian. Semarang: FPMIPA IKIP Semarang

Sugiyono. 2005. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wena, M. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2011-10-12