PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THREE STAY TWO STRAY BERBASIS INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Zulfia Rakhmawati
  • Saptorini Saptorini
  • Soeprodjo Soeprodjo
Keywords: Learning model, Three Stay Two Stray, Inquiry, Learning outcomes

Abstract

Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran Three Stay Two Stray berbasis Inquiry agar setiap siswa berperan aktif dalam pembelajaran yang selanjutnya dilihat pengaruhnya terhadap hasil belajar pada materi larutan penyangga dan hidrolisis. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelompok eksperimen menggunakan Pembelajaran Three Stay Two Stray Berbasis Inquiry, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis tahap awal menunjukkan bahwa, populasi berdistribusi normal, homogenitas dan kesamaan keadaan awal populasi sama. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan postes, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu masing-masing sebesar 84,10 dan 74,28. Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar thitung (3,53) > ttabel (1,67), sehingga disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh harga koefisien biserial sebesar 0,5336, sehingga korelasi dikatgorikan dalam kategori sedang. Ketuntasan belajar pada kelas eksperimen sebesar 93,10% sedangkan kelas kontrol sebesar 78,57%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran three stay two stray berbasis inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga dan hidrolisis dengan memberikan kontribusi sebesar 28,47%.
Published
2012-10-12