Pengembangan Sistem Informasi Alumni Sekolah Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel di SMK Negeri 7 Malang

  • Nando Krisna Carera Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Universitas Brawijaya
Keywords: Sistem Informasi, Alumni, Berbasis Web, Framework Laravel

Abstract

Sistem pengelolaan data alumni di SMK Negeri 7 Malang masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan mengisi biodata yang mengakibatkan data alumni sulit untuk dikelola dengan baik. Pihak sekolah mengalami kesulitan dalam mencari data alumni yang dibutuhkan untuk keperluan laporan. Hal itu dikarenakan data alumni yang terus bertambah setiap tahunnya. Penurunan kualitas kertas dan komputer yang rusak menjadi penyebab hilangnya data alumni. Berdasarkan permasalahan yang sudah disampaikan, maka dilakukan penelitian pengembangan sistem informasi alumni di SMK Negeri 7 Malang untuk membantu pengelolaan data alumni pada SMK Negeri 7 Malang. Penelitian dilakukan secara berurutan mulai dari pengumpulan data dan analisis kebutuhan sistem, desain perancangan sistem, implementasi rancangan sistem, pengujian sistem dan analisis hasil pengujian serta terakhir penulisan laporan hasil penelitian. Pengujian unit menggunakan whitebox testing menghasilkan nilai 100% valid pada semua fungsional sistem. Pengujian validitas menggunakan blackbox testing menghasilkan nilai 100% valid pada fungsional yang diuji. Pengujian kompatibilitas sistem informasi menghasilkan tidak ada kesalahan pada peramban saat dijalankan. Sesuai hasil pengujian yang sudah dilakukan mengartikan bahwa sistem informasi berkualitas baik.

References

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Awaluddin, R., (2015). Menyelami framework laravel. Bandung: Informatika.

Bekti, B. H., (2015). Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: Andi.

Carlo, Monty. (2017). Arti Kata alumni, Makna, Pengertian dan Definisi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Tesedia di: <https://artikbbi.com/alumni/> [Diakses 15 Juni 2021].

Das, R. dan Saikia, L. P. (2016). Comparison of Procedural PHP with Codeigniter and Laravel Framework. International Journal of Current Trends in Engineering & Research (IJCTER).

Peranginangin, K. (2016). Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatn Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Raharjo, B. (2015). Mudah Belajar Python untuk Aplikasi Desktop dan Web. Bandung: Informatika.

Risky, S. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Riyanto, L. D. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Published
2022-06-30
How to Cite
Carera, N., Afirianto, T., & Rokhmawati, R. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Alumni Sekolah Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel di SMK Negeri 7 Malang. Edu Komputika Journal, 9(1), 1 - 11. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i1.48923