Peningkatan Pengetahuan Ibu melalui Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Ikan

Main Article Content

Galuh Nita Prameswari
Arif Rahmat Kurnia
Mursid Tri Susilo

Abstract

Latar Belakang: Gizi buruk dan gizi kurang pada balita masih menjadi masalah gizi di
Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Tengah. Salah satu faktor yang menyebabkan
kondisi tersebut adalah karena kurangnya asupan zat gizi terutama energi dan
protein. Bahan pangan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai upaya
penunjang status gizi balita adalah ikan, yang tingkat konsumsinya masih sangat rendah pada masyarakat Jawa Tengah. Diperlukan intervensi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan khususnya bagi balita.


Metode: Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancanganone one group pre-post test design. Penelitian ini melibatkan 11 ibu-ibu di RW 2 Kelurahan Pegulon Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal yang memiliki anak ataupuĀ  cucu balita, setelah itu diperhatikan pengetahuannya mengenai konsumsi ikan.


Simpulan: Penyuluhan Gemar Makan Ikan dan pelatihan pembuatan makanan tambahan berbahan dasar ikan dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan minat Ibu untuk memberikan makanan olahan ikan pada anak balitanya.

Article Details

How to Cite
Prameswari, G., Kurnia, A., & Susilo, M. (2019). Peningkatan Pengetahuan Ibu melalui Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Ikan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(3), 469-478. https://doi.org/10.15294/higeia.v3i3.30046
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)