Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Proses Keputusan Pasien Memilih Layanan Kesehatan

Main Article Content

Nur Azizah
Bambang Budi Raharjo

Abstract

Abstrak


Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan rumah sakit dalam mempengaruhi dan mengetahui tanggapan pembeli jasa pelayanan kesehatan. Jumlah kunjungan pasien umum di Instalasi Rawat Jalan RSUD Tugurejo Semarang pada tahun 2016 sebanyak 17.981 orang, tahun  2017 sebanyak 14.348 orang, dan tahun 2018 jumlah sebanyak 9.801 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan pasien memilih layanan kesehatan.


Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian yang ditetapkan adalah 87 responden. Teknik pengambilan sampel secara consecutive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terstruktur. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square dengan perangkat SPSS.


Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran yang berpengaruh yaitu bauran produk (p value=0,000), bauran tempat (p value=0,000), bauran  promosi (p value=0,000), dan bauran proses (p value=0,000). Sedangkan yang tidak berpengaruh yaitu bauran harga (p value=0,248), bauran petugas (p value=0,165), dan bauran bukti fisik (p value=0,248).


Saran penelitian ini adalah sebaiknya RSUD Tugurejo meningkatkan upaya promosi melalui media promosi berupa brosur, leaflet, dan website resmi rumah sakit. 


Abstract


Marketing mix is a marketing tool used by hospitals in influencing and getting responses from health service buyers. The number of general patient visits at the Outpatient Installation of Tugurejo Regional Hospital Semarang in 2016 was 17,981 people, in 2017 there were 14,348 people, and in 2018 there were 9,801 people. The purpose of this study was to study the effect of the marketing mix on the decision process of patients choosing health services.


This type of research is observational analytic with cross sectional design. The research sample specified was 87 respondents. The sampling technique was consecutive sampling. The instrument used was a structured questionnaire. Data were analyzed using chi square test with SPSS devices.


The results of this study are influential marketing mix namely product mix (p value = 0,000), place mix (p value = 0,000), promotion mix (p value = 0,000), and process mix (p value = 0,000). While those that did not affect were price mix (p value = 0.248), officer mix (p value = 0.165), and physical evidence mix (p value = 0.248).


The suggestion of this research is that Tugurejo District Hospital should increase its promotional efforts through promotional media in the form of brochures, leaflets, and the official website of the hospital.


Keywords: patient visits, marketing mix, patient decision processes.

Article Details

How to Cite
Azizah, N., & Raharjo, B. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Proses Keputusan Pasien Memilih Layanan Kesehatan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(2), 189-200. https://doi.org/10.15294/higeia.v4i2.33140
Section
Articles