Abstract

Teknologi perkembangan industri 4.0 membuat manusia semakin praktis hingga merambah pada dunia pendidikan. Teknologi memberikan peran pada media pembelajaran yang lebih interaktif. Studi literatur menunjukan bahwa terdapat keefektifan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran ceramah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan aplikasi android sebagai media interaktif pada materi hidrolisis yang diharapkan teruji layak dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran. Penelitian dirancang dengan mengembangkan produk dengan model ADDIE. Subjek penelitian pada uji coba skala kecil berasal dari kelas XI MIPA 3 sebanyak 15 orang dipilih secara purposive sampling dan uji coba skala besar melibatkan 34 siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Demak. Hasil validasi kelayakan media menunjukkan skor kelayakan sebesar 21,5 dari skor maksimal 24 dengan kriteria penilaian sangat baik dari validator ahli materi. Validator ahli Bahasa memperoleh skor sebesar 23,5 dari skor maksimal 24 dengan kriteria sangat baik dan pada aspek media skor kelayakan yang diperoleh sebesar 57,5 dari skor maksimal 60 dengan kriteria skor sangat baik. Keefektifan hasil belajar dari media interaktif yang dikembangkan dapat dilihat dari perolehan ketuntasan klasikal setelah dilakuka treatment dan diperoleh sebesar 76,4%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak teruji dan efektif digunakan dalam pembelajaran.