PENGARUH KONSENTRASI NATRIUM BENZOAT DAN LAMA PENYIMPANAN PADA KADAR FENOLAT TOTAL PASTA TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill)

  • Nurhayati Nurhayati
  • Kusoro Siadi
  • Harjono Harjono
Keywords: fenolat, pasta tomat, metode folin ciocalteu, spektrofotometer UV-Vis

Abstract

Buah tomat (Lycopersicum esculentum Mill) sering dijadikan salah satu bahan baku untuk pembuatan pasta tomat karena selain buahnya enak, buah tomat juga mengandung antioksidan seperti vitamin C, betakaroten, senyawa fenolat dan senyawa karotenoid baik bagi tubuh kita. Pengawet perlu ditambahkan untuk mempertahankan kadar fenolat total dalam pasta tomat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perlakuan lama penyimpanan dan penambahan natrium benzoat pada kadar fenolat total dalam pasta tomat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Folin Ciocalteu dan pengukurannya menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Variabel penelitian terdiri dari variabel terikat yaitu kadar fenolat total dan variabel bebas yaitu lama penyimpanan (0, 2, 4, 6, dan 8 minggu) dan penambahan natrium benzoat (400, 600, dan 800 ppm) pada pasta tomat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji t dan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan lama penyimpanan (0, 2, 4, 6 dan 8) berpengaruh signifikan pada kadar fenolat total dalam pasta tomat, sedangkan penambahan natrium benzoat (400, 600 dan 800 ppm) tidak berpengaruh signifikan pada kadar fenolat total dalam pasta tomat.
Published
2012-11-28
How to Cite
Nurhayati, N., Siadi, K., & Harjono, H. (2012). PENGARUH KONSENTRASI NATRIUM BENZOAT DAN LAMA PENYIMPANAN PADA KADAR FENOLAT TOTAL PASTA TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill). Indonesian Journal of Chemical Science, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijcs/article/view/756
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>