MODEL PEMBELAJARAN SELECTING ORGANIZING INTEGRATING MELALUI PENDEKATAN METODE DRILL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh modelpembelajaran selecting organizing integrating melalui pendekatan metode drillterhadap hasil belajar materi larutan penyangga dan hidrolisis garam kelas XIsiswa SMA Negeri 1 Pati. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas XI IPApada semester 2 SMA Negeri 1 Pati tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 8 kelas.Pengambilan sampel dengan teknik cluster random samplingterpilih kelas XIIPA-5sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI-IPA-4 sebagai kelompokkontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, angket,dan observasi. Uji korelasi diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) sebesar0,58 dan thitung (5,63) > tTabel (2,00), dan melalui perhitungan koefisiendeterminasi diperoleh besarnya kontribusi 33,86%.Penerapan modelpembelajaran selecting, organizing, integrating melalui pendekatan metodedrillberpengaruh sebesar 33,86% terhadap hasil belajar kimia siswa materi larutanpenyangga dan hidrolisis.Dengan demikian Model Selecting OrganizingIntegrating melalui pendekatan metode Drillberpengaruh terhadap hasil belajarkimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pati dan menunjukkan hasil lebih baikdaripada siswa yang hanya diberi metode Drill pada materi pokok larutanpenyangga dan hidrolisis garam.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Laelly, Ida Nur . 2008. Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa Yang Diberi Metode Drill Dengan Metode Resitasi Pokok
Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Brebes Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi.Semarang : FMIPA
UNNES
Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Santyasa, I Wayan .2007.Model-Model Pembelajaran Inovatif.Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Tentang Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SMPdan SMA Di Nusa Penida.Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta
Suparno, DR. Paul. 1999. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Brebes Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi.Semarang : FMIPA
UNNES
Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Santyasa, I Wayan .2007.Model-Model Pembelajaran Inovatif.Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Tentang Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SMPdan SMA Di Nusa Penida.Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta
Suparno, DR. Paul. 1999. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.