PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUANTUM DENGAN PENDEKATAN KIMIA HIJAU PADA MATERI REDOKS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metodepembelajaran kuantum dengan pendekatan kimia hijau terhadap hasil belajarkimia materi redoks.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMANegeri 1 Gubug.Sampel penelitian diambil dua kelas secara acak yaitu kelas X-Esebagai kelas eksperimendan X-F sebagai kelas kontrol.Kelas eksperimenmenggunakan metode pembelajaran kuantum dengan pendekatan kimia hijausedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional.Penelitiandilakukan dengan memberikan pre test sebelum mendapatkan perlakuan,dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan post test. Berdasarkanhasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre test pada kelas eksperimen 33,57danpada kelas kontrol adalah 33,48; sedangkan nilai post testkelas eksperimen78,31dan 69,50 pada kelas kontrol. Hasil analisis data pos test diuji kesamaandua rata-ratadihasilkan rata-rata kedua kelas berbeda secara signifikan denganbatas galat 5%. Jadi hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelaskontrol. Besarnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran kuantum denganpendekatan kimia hijau sebesar 37,04%.Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran kuantumdengan pendekatan kimia hijau terhadap hasil belajar kimia materi redoks padasiswa kelas X SMA Negeri 1 Gubug.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
DePorter, B & Hernacki, M. 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Palgunadi, Jelliarko. 2007. Kimia Hijau, ”New But Old Stuff ” yang SedangTrendi. Diunduh di http://mataanginbicara.wordpress.com Tanggal 5 Juni 2010
Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Setyowati. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Semarang Tahun 2006/2007 pada Konsep Larutan Asam Basa Melalui Metode Quantum Teaching. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Palgunadi, Jelliarko. 2007. Kimia Hijau, ”New But Old Stuff ” yang SedangTrendi. Diunduh di http://mataanginbicara.wordpress.com Tanggal 5 Juni 2010
Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Setyowati. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Semarang Tahun 2006/2007 pada Konsep Larutan Asam Basa Melalui Metode Quantum Teaching. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.