Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sejarah dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Psikomotorik Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kaliwungu Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) mengetahui tentang kelayakan pengembangan LKS Sejarah dalam pembelajaran sejarah, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar aspek psikomotorik siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kaliwungu setelah menggunakan LKS. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang telah disederhanakan. Untuk mengetahui kelayakan LKS dapat dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, guru dan peserta didik. Kelayakan dari ahli materi menunjukkan nilai 100% (ukuran LKS dan desain sampul LKS), nilai 66,67% (penyajian LKS) oleh validator media. Sedangkan nilai 100% untuk semua komponen oleh validator materi setalah dilakukan revisi. Dari hasil respon siswa mendapatkan nilai rata-rata 84,56% (penyajian LKS) dan nilai 82,83% (penilaian LKS dalam pembelajaran). Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aspek psikomotorik peserta didik dapat dilihat dari data pretest dan post test kelas eksperimen yaitu 14,972 (pretest) dan 16,81 (post test) yang memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan data pretest dan post test peserta didik kelas kontrol yaitu 14,294 (pretest) dan 16,74 (post test).
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.