Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Handout Berbasis Sejarah Lokal dengan Materi Perjuangan Rakyat Banyumas Mempertahankan Kemerdekaan dalam Agresi Militer Belanda 1 Tahun 1947 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto

  • Ma'mun Fauzi
  • YYFR Sunarjan
  • Syaiful Amin

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pengembangan bahan ajar berbentuk handout materi ajar perjuangan rakyat Banyumas mempertahankan kemerdekaan dalam agresi militer Belanda 1 tahun 1947, (2) mengetahui kelayakan bahan ajar berbentuk handout materi ajar perjuangan rakyat Banyumas mempertahankan kemerdekaan dalam agresi militer Belanda 1 tahun 1947. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan bahan ajar berbentuk handout berbasis sejarah lokal dengan materi perjuangan rakyat Banyumas mempertahankan kemerdekaan dalam agresi militer Belanda 1 tahun 1947 yang dihasilkan disesuaikan dengan kebutuhan siswa maupun guru dan sumber-sumber yang relevan. (2) kelayakan pengembangan bahan ajar handout dilihat dari hasil validasi akhir oleh ahli materi 95,12% (kriteria baik sekali), validasi akhir oleh ahli media 84,60%  (kriteria baik sekali), tanggapan guru 92,31% (kriteria baik sekali), sedangkan tanggapan siswa 91,67% (kriteria baik sekali), sehingga dapat disimpulkan bahan ajar handout layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Published
2017-12-20
How to Cite
Fauzi, M., Sunarjan, Y., & Amin, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Handout Berbasis Sejarah Lokal dengan Materi Perjuangan Rakyat Banyumas Mempertahankan Kemerdekaan dalam Agresi Militer Belanda 1 Tahun 1947 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto. Indonesian Journal of History Education, 5(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/19923