PEMBELAJARAN IPS TERPADU “STUDI KASUS DI TIGA SMP NEGERI KOTA SEMARANG”

  • Syafrizal Febriawan Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Pembelajaran, IPS Terpadu, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Abstract

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan penelitian bertumpupada pendekatan fenomenologis, yakni usaha untuk memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang yang biasa dalam situasi tertentu. Hasil penelitian ini, (1) persepsi guru IPS mengenai pembelajaran IPS Terpadu sudah baik, dalampelaksanaannya sudah menjalankan konsep-konsep yang ada dalam IPS Terpadu itu sendiridengan melibatkan siswa secara aktif untuk aktif mencari, menggali dan menemukan konsepdalam kegiatan pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu sudah berjalan cukupbaik. Guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalammengikuti kegiatan pembelajaran, (3) faktor penghambat dalam pembelajaran IPS Terpadu adalahkurangnya sarana dan prasarana untuk menunujang pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu, (4)faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu adalah semakin banyak danmudahnya materi pembelajaran untuk didapatkan melalui internet.

Type of research in this study is descriptive qualitative research approach based on aphenomenological approach , which attempts to understand the meaning of the event and itsimplications for ordinary people in particular situations .The results of this study , ( 1 ) the perception of social studies teachers about learning IntegratedIPS is good , the execution was running the concepts that exist in the Integrated IPS itself byactively involving students to actively seek , explore and discover concepts in learning activities , ( 2) Implementation of Integrated Social learning has been going pretty well . Teachers already uselearning methods that can attract students' interest in participating in learning activities , ( 3 )inhibiting factor in the IPS Integrated learning is the lack of infrastructure for the implementationof learning menunujang Integrated Social Science , ( 4 ) factors in the implementation of theIntegrated Social Science is learning more and more and easy learning materials to be obtainedthrough the internet .

How to Cite
Febriawan, S. (1). Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/2171
Section
Articles