Keragaman Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2018/2019

  • Ayu Ria Anggraeni Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • R Suharso Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • Atno Atno Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
Keywords: media, teacher, learning, school

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran sejarah, penggunaan media dalam pembelajaran oleh guru sejarah, kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media, serta keragaman media yang digunakan guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Rembang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah berjalan cukup baik, Media pembelajaran yang digunakan di SMAN 1 Rembang, SMAN 3 Rembang, SMAN 1 Lasem, SMAN 1 Sumber berupa adalah power point (ppt), LCD, proyektor, video, buku paket, LKS. SMAN 2 Rembang berupa, ppt, LCD, proyektor, video, buku paket, LKS, internet. SMAN 1 Sulang berupa, ppt, LCD, proyektor, video, buku paket, LKS, papan tulis, miniatur. Kendala yang dihadapai guru SMAN 1 Rembang, SMAN 2 Rembang, SMAN 3 Rembang, dalam pemanfaatan media adalah terkait kendala teknis pada media pembelajaran. Kendala yang diahdapi guru SMAN 1 Lasem berupa pemadaman listrik, kendala guru SMAN 1 Sumber terkait ketersediaan sarana dan prasarana, sedangkan guru SMAN 1 Sulang tidak menemui kendala yang berarti. Terdapat keberagaman penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rembang. Terdapat sekolah yang menggunakan media konvensional, mutakhir, maupun kedua-duanya.

References

Alvioneta, Heni. 2014. Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Sejarah SMA di Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Indonesian Journal of History Education Vol.3 No.2
Amin, Syaiful. 2011. Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal Pada Siswa SMA di Kudus Kulon. Jurnal Paramita. Vol. 21 No.1.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Atno. 2011. Evektivitas Media CD Interaktif Dan Media VCD Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri Di Banjarnegara Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar. Jurnal Paramita Vol. 21 No. 2
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kochhar, S.K.2 008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.
Pramono, Eko S. 2012. Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Sejarah. Jurnal Paramita Vol.22, No.2.
Suryadi, Andy. 2012. Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogia Vol. 1 No. 1.
Suryani, Nunuk.2 016. Utilization of Digital Media to Improve The Quality and Attractiveness of The Teaching of History. Journal Internasional Conference On Teacher Training and Education (ICTTE) Sebelas Maret University Vol. 2 No.1
Tanjung, Samsidar. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Paramita Vol 25 No. 2.
Utomo, Budi, dkk. 2018. Wayang Suluh As a Learning Media in Teaching History in High School. Paramita: Historical Studies Journal Vol.28 No.1.
Published
2019-07-31
How to Cite
Anggraeni, A., Suharso, R., & Atno, A. (2019). Keragaman Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2018/2019. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 59-66. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.30395