Pengaruh Penggunaan Media Komik Sejarah Terhadap Minat BelajarSiswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cepogo Tahun Pelajaran 2018/2019 Pokok Bahasan Kerajaan Singhasari

  • Nyenyep Dwi Prastowo Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • Bain Bain Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • Andy Suryadi Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
Keywords: comic, history, learning interest

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengunaan komik Singhasari sebagai media pembelajaaran Sejarah. Untuk mengetahui bagaimana minat belajar sejarah siswa setelah menggunakan komik sebagai media belajar. Untuk mengetahui pengaruh pengunaan komik Singhasari dalam meningkatkan minat belajar sejarah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Pemanfaatan komik Shinghasari sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Cepogo dikatakan berhasil. Penggunaan komik Sighasari berpengaruh terhadap minat belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis menggunakan program komputer SPSS 25 for windows, diperoleh koefisien regresi variabel X sebesar 0,056, artinya setiap peningkatan penggunaan media komik pada mata pelajaran sejarah  sebesar 1 satuan, maka meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,056, koefisien positif artinya terjadi pengaruh yang positif antara penggunaan media komik dengan minat belajar siswa. Berdasarkan uji korelasi ditunjukan bahwa terdapat pengaruh atara penggunaan komik sejarah terhadap minat belajar sebesar 9%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh antara penggunaan komik Singhasari pada mata pelajaran sejarah terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu, penggunaan media komik sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar Sejarah.

References

Andi Amirudin, Andy Suryadi. 2016. Keragaman Media dan Metode Pembelajaran dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 pada Tiga SMA Negeri di Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Indonesian Journal of History Education. 4 (2): 9. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial, UNNES.
Agboola & Tsai. 2012. Bring Character Education into Classroom. European Journal of Educational Research, 1(1), 163-170
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah.Yogyakarta:
Amin, Syaiful. 2011. Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal Pada Ssiswa Di Kudus Kulon. Dalam Jurnal Paramita. Vol.21. No. 1. Hal 105-115.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Atno. 2014. Efektivitas Media CD Interaktif Dan Media VCD Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri Di Banjarnegara Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar. Dalam Jurnal Paramita. Vol.21. No.2. Hal 213-225.
Ba’in. 2011. Nilai-nilai Pendidikan Pada Pemberontakan Rakyat Sumatera Barat pada awal Tahun 1927. Paramita Vol. 21 No. 2 - Juli 2011 Hlm. 191-201
Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah Teaching Of History. Jakarta: PT. Grasindo
Saraswati, Ufi. 2011. The Signicance And Purpose Of Ancient Manuscript For The Nation’s Culture And Character Development Through The History Teaching. Dalam Jurnal Historia. Vol.13. No.1.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryadi, Andy. 2012. ‘Pembelajaran Sejarahdan Probematikanya. Dalam Historia Pedagogia. Vol. 1. Hal. 76.
Widja, I Gde. 1989. Dasar-Dasar Penegembangan Strategi Serta Metode. Jakarta: Depdikbud.
Published
2019-07-31
How to Cite
Prastowo, N., Bain, B., & Suryadi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Komik Sejarah Terhadap Minat BelajarSiswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cepogo Tahun Pelajaran 2018/2019 Pokok Bahasan Kerajaan Singhasari. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 33-39. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.30492