Pengaruh Penggunaan Media Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bumiayu

  • Nasichatul Aeni Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Andy Suryadi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
Keywords: minat belajar, pembelajaran sejarah, media linimasa sejarah card games

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas sebelum menggunakan media Linimasa Sejarah Card Game; 2) mengetahui minat belajar sejarah siswa setelah menggunakan media Linimasa Sejarah Card Game; 3) mengetahui adanya pengaruh media Linimasa Sejarah Card Game terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan pola nonequivalent control grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu tahun Ajaran 2018/209. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil indeks variabel minat belajar siswa berdasarkan rumus Ferdinan diperoleh hasil minat belajar siswa sebelum menggunakan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Linimasa Sejarah Card Game sebesar 69,46% dan 77,96%. Hasil hipotesis dengan analisis uji regresi diperoleh nilai konstan (a) sebesar 29, 784. Diketahi nilai koefisien regresi sebesar 0,962. Persamaan regresinya adalah Y= 29, 784 + 0,962 X. Nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05), artinya terdapat pengaruh penggunaan media Linimasa Sejarah Card Game terhadap minat belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bumiayu.

References

Amin, S. (2011). Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal Pada Siswa SMA di Kudus Kulon. Paramita Historical Studies Journal Vol. 21, No. 1.
Atno. 2011. Evektivitas Media CD Interaktif Dan Media VCD Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri Di Banjarnegara Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar. Paramita Historical Studies Journal Vol. 21 No. 2.
Buchori, A. & Rina Dwi S. (No. Year). Development Learning Model of Character Education Through E-Comic in Elementary School. International Journal of Education and Research Vol.3 No.9.
Kochhar, S. K. (2008). Pembeajaran Sejarah (Teaching of Hostory). Jakarta: PT Grasindo.
Munib, A. (2015). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Pramono, E. S. (2012). Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Sejarah. Paramita Historical Studies Journal Vol. 22 No. 2.
Rifa’i, A. & Catharina T.A. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/ MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang.
Utomo, C.B. dkk. (2018). Wayang Suluh Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA. Paramita Historical Studies Journal Vol. 28, No.1.
Suryadi, A. (2012). Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogia, Vol. 1 No. 1.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-12-31
How to Cite
Aeni, N., & Suryadi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bumiayu. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 196-205. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36438