Pengaruh Penggunaan Media Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bumiayu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas sebelum menggunakan media Linimasa Sejarah Card Game; 2) mengetahui minat belajar sejarah siswa setelah menggunakan media Linimasa Sejarah Card Game; 3) mengetahui adanya pengaruh media Linimasa Sejarah Card Game terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan pola nonequivalent control grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu tahun Ajaran 2018/209. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil indeks variabel minat belajar siswa berdasarkan rumus Ferdinan diperoleh hasil minat belajar siswa sebelum menggunakan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Linimasa Sejarah Card Game sebesar 69,46% dan 77,96%. Hasil hipotesis dengan analisis uji regresi diperoleh nilai konstan (a) sebesar 29, 784. Diketahi nilai koefisien regresi sebesar 0,962. Persamaan regresinya adalah Y= 29, 784 + 0,962 X. Nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05), artinya terdapat pengaruh penggunaan media Linimasa Sejarah Card Game terhadap minat belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bumiayu.
References
Atno. 2011. Evektivitas Media CD Interaktif Dan Media VCD Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri Di Banjarnegara Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar. Paramita Historical Studies Journal Vol. 21 No. 2.
Buchori, A. & Rina Dwi S. (No. Year). Development Learning Model of Character Education Through E-Comic in Elementary School. International Journal of Education and Research Vol.3 No.9.
Kochhar, S. K. (2008). Pembeajaran Sejarah (Teaching of Hostory). Jakarta: PT Grasindo.
Munib, A. (2015). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Pramono, E. S. (2012). Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Sejarah. Paramita Historical Studies Journal Vol. 22 No. 2.
Rifa’i, A. & Catharina T.A. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/ MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang.
Utomo, C.B. dkk. (2018). Wayang Suluh Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA. Paramita Historical Studies Journal Vol. 28, No.1.
Suryadi, A. (2012). Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogia, Vol. 1 No. 1.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.