Kontribusi Empati dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Intan Purnamasari
Suharso Suharso
Sunawan Sunawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku prososial, empati, dan dukungan sosial teman sebaya, serta kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan 330 responden yang diperoleh menggunakan area random sampling. Angket perilaku prososial, skala empati, dan skala dukungan sosial teman sebaya digunakan dalam pengumpulan data dengan reliabilitas 0,737, 0,703, dan 0,733. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMP Negeri di Sub Rayon 3 Kabupaten Banyumas mempunyai perilaku prososial yang tergolong tinggi (76%), empati yang tergolong cukup tinggi (59%), dan dukungan sosial teman sebaya yang tergolong cukup tinggi (63%). Kemudian hasil penelitian menunjukan bahwa ada kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa (F(8,329)=30,482, p<0,05) sebesar 47,2%  terdiri dari 36,6% untuk empati dan 6,6% untuk dukungan soail teman sebaya, sedangkan sisanya diprediksikan disumbangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.


This study was aimed to knowing the description of prosocial behaviour, empathy, and social suppor from colleague, also the contribution of empathy and colleague social support to student prosocial behaviour. The study was ex post facto study with 330 respondent as collected by area random sampling. Prosocial behaviour questionnaire,empathy scale, and social support colleague scale, it was use 0,737, 0,703, and 0,733 reliability at data collected. The result showed that the student of SMP Negeri in Sub Rayon 3 Kabupaten Banyumas having high classified prosocial behaviour (76%), empathy with high classified (59%), and colleague social support with high classified (63%). The study also showed that there were contribution of empathy and colleague social support to student prosocial behaviour (F(8,329)=30,482,p<0,05) it was 47,2% consists of 36,6% was empathy and 6,6% was collegue social support, and for the other was contribute by other variable which doesâ€nt researching in this study.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purnamasari, I., Suharso, S., & Sunawan, S. (2018). Kontribusi Empati dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 20-26. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i2.18233

References

Baron, R.A., Byrne, Donn. (2005). Psikologi Sosial (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Dayaksini, Tri., Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Ekawati, Dian., Martani, Wisjnu. (2013). Pelatihan “SINERGI I” Meningkatkan Kemampuan Prososial Remaja. Jurnal Psikologi Undip, 12(1).
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Undip.
Hanurawan, Fattah. (2011). Psikologi Sosial Terapan dan Masalah-Masalah Perilaku Sosial. Malang: Universitas Negeri Malang.
Pradnyana, A.A.Gd.P.S., Lestari, M.D., (2016). Peran Perilaku Prososial, Efikasi Diri, dan Empati pada Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Bali. Jurnal Psikologi Udayana. 3(3). ISSN: 2354 5607.
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Putra, H.P., Gistituati, N., Syahniar. (2015). Peningkatan Perilaku Prososial Siswa di Sekolah melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling. Jurnal Online Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Padang. 3(2). ISSN: 2337 6880.
Sarafino, E.P., Smith, T.W. (2011). Health Psychology (Biopsychosocial Interactions) (7th Edition). New York: John Willey & Sons, Inc.
Sasmita, I.A.G.H.D., Rustika, I Made. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial teman Sebaya terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana. 2(2). ISSN: 2354 5607.
Sears, D.O., Fredman, J.L., Peplau, L.A., (1985). Psikologi Sosial (Jilid 2). Alih Bahasa: Michael Adriyanto. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Wulandari, Retno. (2015). Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Kelas VIII SMP 2 Ngadirojo. Jurnal FIP Universitas Sebelas Maret.
Wulandari, Y.Her. (2012). Empati dan Pola Asuh Demokratis Sebagai Prediktor Perilaku Prososial Remaja PPA Solo. Thesis. Universitas Kristen Satya Wacana.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>