Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Homeroom

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Terra Lailani
Mungin Eddy Wibowo

Abstract

Penelitian ini hendak mengetahui keefektifan layanan penguasaan konten teknik homeroom untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen one group pretest and posttest design kepada siswa kelas VII A SMP Negeri 22 Semarang dengan tingkat kemampuan komunikasi sedang. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji beda (T-Test) menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa menengah pertama (SMP) meningkat secara signifikan (t(35)= -9,721, p<0,05) melalui layanan penguasaan konten teknik homeroom. Dengan ditandai siswa lebih terbuka terhadap temannya, siswa memiliki empati, peka dengan situasi kelas, tidak memilih-milih teman, memberikan dukungan kepada teman-teman. Dengan demikian layanan penguasaan konten teknik homeroom efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa menengah pertama.


 


This research is about to find out the effectiveness of the service content mastery techniques to improve communication capability homeroom students junior high school. This research use the pre-built design research experiments using one group pretest and posttest design. The subject of research is the grade VII A SMP Negeri Semarang 22 with the level of communication skills. The results of research using the descriptive analysis and test different percentage (T-Test) shows that the ability of communication first intermediate students (JUNIOR HIGH SCHOOL) increased significantly (t (35) = 9.721 >, p 0.05) through the services content mastery techniques homeroom. With marked students more open to his friend, students have empathy, sensitive situation with class, not choosing their friends, provide support to friends. Thus the services content mastery techniques to improve effective homeroom communication junior high students.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lailani, T., & Wibowo, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Homeroom. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 33-37. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.25961

References

Harlock, Elizabeth. (1994). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Prayitno dan Amti, Erman. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rauhil, Fahmi, dkk. (2015). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2014/2015. Mataram. IKIP Mataram

Setyaningsih, Yeni. (2016). Efektivitas Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA Muhammadiyah Kendiri Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1 (02), 55-56.

Sugiyo. (2005). Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: UNNES Press

Sugiyono. (2013). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. (2003). Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta

Sulistiyanto, D., Sri Hartati, M., & Saraswati, S. (2014). Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Metode Kegiatan dan Diskusi Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2)

Supratiknya. (1995). Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius.

Wicaksono, Trubus. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMA Negeri 1 LOCERET Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2 (01). 35-37.

Most read articles by the same author(s)