Meningkatkan Penyesuain Diri Terhadap Program Keahlian pada Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Lestari
DYP Sugiharto
Mungin Eddy Wibowo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologis dengan jumlah 64 item yang sebelumnya telah diuji cobakan sehingga dapat digunakan dalam penelitian Sebelum memperoleh layanan bimbingan kelompok, penyesuaian diri terhadap program keahlian pada  siswa termasuk dalam kriteria rendah (38.03%) dan setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok kriteria penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa menjadi tinggi (83.50%). Dari uji Wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2.083 dan nilai Ztabel pada taraf signifikansi 5% dan N=10 yaitu 1.96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.


The purpose of this study was to obtain empirical data about increasing the adaptation to increasing skills program on class X student of SMK Negeri 1 Purbalingga school year 2012/2013 through group guidance services. This type of research is experimental research. The methods of data collection in this study using psychological scales with the number of 64 the items that have previously been tested so it can be used in research. Before obtaining group guidance services, adjustment to the skills program on the students included in the low criteria (38.03%) and after obtaining group guidance services the students adjustment criteria of the skills program to be high (83.50%). Zcount obtained from the Wilcoxon test is 2.083 and Ztable value at 5% significance level and N = 10 is 1.96. It can be concluded that the adjustment to the skill program in class X SMK Negeri 1 Purbalingga school year 2012/2013 can be enhanced through group guidance services. The conclusion is that there is a significant increase in adjustment to the skills program in class X SMK Negeri 1 Purbalingga before and after a given treatment group guidance services.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lestari, S., Sugiharto, D., & Wibowo, M. (2013). Meningkatkan Penyesuain Diri Terhadap Program Keahlian pada Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i4.3196

References

Awaliyah, Asri. 2010. Meningkatkan Penyesuaian Diri dalam Pemilihan Karier melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 14 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang : UNNES (Tidak Diterbitkan).
Depdiknas. 2007. Direktorat PSMK. Jakarta : Direktorat PSMK.
Dokter Sehat. 2013. Pemahaman Kematangan Emosi Seseorang. Available at http://doktersehat.com [diakses pada tanggal 23 Agustus 2013).
Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang : UNNES PRESS.
Wilis, Sofyan S. 2010. Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta.
Kristina, Dewi. 2011. Implementasi Bimbingan Karier pada Siswa SMK Tata Busana. Available at http://digilib.uin-suka.ac.id. [diakses pada tanggal 23 Agustus 2013].
Mapiere, Andi. 1984. Pengantar Bimbingan dan Konseling disekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriatna, Mamat dan Nandang Budiman. 2012. Bimbingan Karir di SMK. online at http://file.upi.edu [diakses pada tanggal 23 Agustus 2013).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>