Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Social Playing

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Rizkiana
Sugiyo Sugiyo
Anwar Sutoyo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan interaksi sosial pada siswa kelas VII G melalui layanan bimbingan kelompok teknik permainan social playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 3. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa dengan kemampuan interaksi sosial tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala interaksi sosial. Metode analisis data yaitu deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini yaitu setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan social playing, kriteria interaksi sosial siswa menjadi tinggi (80.04%). Dari uji Wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2.80 dan nilai Ztabel pada taraf kesalahan 0.025 dan  n=10 yaitu 1.96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial pada siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Ungaran dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan social playing.


The purpose from this research is to get empirical data about the increase of social interaction in seven G student. Through guidance service group social playing games. This type of research is experimental research, the population in this research is experimental research, the population in this research is seven G students in junior high school 3 Ungaran. Sampling technique in this research was purposive sampling. The samples have been taken on this research is 10 students with the ability of social interaction is high, medium, low, and very low. Method of collecting data in this research is using social interaction scale. Analysis methods data is descriptive percentage and hypothesis testing with wilcoxon test. The result in this research is after receiving guidance service group with social playing techniques, criteria of social interaction of students is high (80.04%). Obtained from Wilcoxon test with Zcount =2.80  and Ztable if level error 0.025 and n=10 is 1,96. So it can be concivde that social interaction in seven G  students in junior high school 3 Ungaran can be enhanced by giving guidance service group with social playing techniques.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rizkiana, N., Sugiyo, S., & Sutoyo, A. (1). Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Social Playing. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i4.3789

References

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press.

Santrock, John. 2002. Live Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyo. 2006. Psikologi Sosial. Semarang: UNNES Press.

Sugiyono. 2007. Statisktika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tedjasaputra, Meyke. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Most read articles by the same author(s)