Studi Kepustakaan Teknik Role Playing untuk Komunikasi Interpersonal Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Claudia Nataline Rahayu
Najlatun Naqiyah

Abstract

Kemampuan berkomunikasi peserta didik dengan orang lain, banyak dalam presentase yang rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan role playing dalam mengatasi kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik yang masih rendah dalam berbagai jenjang pendidikan. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari Google Scholar, Research Gate, dan Sage Journal. Data akan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Diharapkan penelitian akan memberikan manfaat dalam keilmuan melalui kajian teknik role playing dalam mengatasi kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. Fokus penelitian adalah peran teknik role play dalam membantu menghasilkan karakteristik komunikasi interpersonal yang efektif dan keberhasilan penggunaan role playing dalam mengatasi komunikasi interpersonal yang masih rendah bagi peserta didik yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, teknik role playing berhasil mengatasi masalah dan mengembangkan karakteristik dalam komunikasi interpersonal yang efektif bagi peserta didik di seluruh jenjang pendidikan. Perlu dukungan serta perhatian dari keluarga dan guru di sekolah agar peserta didik mampu berkembang optimal dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Konselor sekolah juga perlu memberikan layanan yang menarik seperti bermain peran untuk membantu peserta didik mengaktualisasikan diri di lingkungan sosialnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahayu, C., & Naqiyah, N. (2022). Studi Kepustakaan Teknik Role Playing untuk Komunikasi Interpersonal Peserta Didik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 119-129. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i3.60221

References

Ardana, & Purwoko, B. (2018). STUDI KEPUSTAKAAN PENERAPAN KONSELING NARATIF DALAM LINGKUP PENDIDIKAN. E-JOURNAL UNESA.

Ayunda, R., & Wirastania, A. (2021). EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SELAMA DARING DI SMP NEGERI 2 KRIAN. HELPER, 49-58.

Budianto, A., Sugiharto, D. Y., & Awalya. (2020). EFFECTIVENESS OF GUIDANCE GROUP ROLE PLAYING AND SYMBOLIC MODELLING TO IMPROVE STUDENTS' INTERPERSONAL COMMUNICATION SKILLS. European of Psychological Research, 139-147.

Dharmayanti, P. A. (2013). TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMK. JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 256-265.

Kanti, W. N., & Sugiyo. (2014). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 61-67.

Novialdi, A., & Telaumbanua, K. (2021). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA. Education and Development, 647-650.

Putra, G. I., Sutarno, & Jannah, W. (2013). Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa. CONSILIUM: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 13-17.

Rachmi, H. I., Mugiarso, H., & Saraswati, S. (2018). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 15-20.

Rahman, E. (2015). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP AKTIVITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALIREJO 2014/2015. Jurnal Majalah Kreasi STKIP.

Safitri, H., & Moesarofah. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Peserta Didik. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, & Research, 57-63.

Safitri, Y., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2017). PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI. ALIBKIN, 68-81.

Wariyanti, Budiono, A. N., & Prawita, S. (2018). DAMPAK PELATIHAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 40-45.

Wicaksono, G., & Naqiyah, N. (2013). PENERAPAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK IKIP SURABAYA. Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 61-78.

Zahro, N. H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SD INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM KABUPATEN SITUBONDO. Education Journal: Journal Education Research and Development, 149-162.